SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Pada Mata Pelajaran Geografi SMA Kelas X Semester II Untuk Topik Hidrosfer

kurnia Maulidi Noviantoro

Abstrak


ABSTRAK

 

Noviantoro, K. Maulidi. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Pada Mata Pelajaran Geografi SMA Kelas X Semester II Untuk Topik Hidrosfer. Skripsi, Jurusan Geografi Fakultas Imu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, S.H., M.Pd., M.Si, (II) Drs. Djoko Soelistjo, M.Si.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, cd interaktif, hidrosfer.

Media pembelajaran merupakan komponen penting dalam pendidikan. Fungsi media adalah untuk menyampaikan pesan materi kepada peserta didik. Dalam penyampaian materi pelajaran, dibutuhkan media yang sesuai dengan karakter dan konteksnya. Seperti pelajaran geografi yang mengandung banyak informasi di dalamnya. Media pembelajaran yang sedang berkembang saat ini adalah media berbasis komputer. Salah satunya yaitu media pembelajaran CD Interaktif. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengembangkan media pembelajaran CD interaktif untuk topik Hidrosfer. Media ini diharapkan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi serta dapat merangsang siswa untuk mengembangkan kreativitas dan daya pikir mereka terhadap materi yang dipelajari.

Model pengembangan media pembelajaran CD interaktif ini meliputi beberapa tahap yaitu: (1) analisis materi yang terdiri dari kompetensi dasar, indikator, dan tujuan yang ingin dicapai pada topik materi, (2) perumusan tujuan, (3) desain media yang terdiri dari mengumpulkan data-data tentang materi dan membuat storyboard, (4) produksi yang terdiri dari membuat animasi, gambar, video, teks dan mengintegrasikan ketiganya ke dalam suatu media, (5) editing, (6) prototipe media, (7) validasi produk yang melalui ahli media dan ahli materi, (8) uji coba produk melalui subjek coba kelompok kecil yaitu 25 siswa kelas X-1 Unggulan SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo dan seorang guru bidang study geografi, (9) pengolahan data, (10) revisi produk, (11) pengemasan produk akhir. Data penelitian bersifat  kualitatif dan kuantitatif  yang diperoleh dari uji validasi produk dari ahli media dan ahli materi serta audiens di sekolah yang diambil dengan metode stratified random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa lembaran validasi dan angket yang dianalisis dengan teknik penghitungan skor.

Hasil uji validasi ahli memutuskan bahwa secara keseluruhan media ini layak sebagai media pembelajaran. Skor akhir audiens juga menunjukkan nilai 83 yang berarti sangat layak. Berdasarkan hasil uji validasi  tersebut, disimpulkan bahwa produk layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah. Beberapa saran dari hasil penelitian ini antara lain: (1) guru diharapkan menggunakan media ini dalam pembelajaran di kelas khususnya untuk menjelaskan materi hidrosfer, (2) untuk peneliti lanjutan, proses validasi hendaknya dilakukan lebih dari sekali, agar produk multimedia pembelajaran yang dihasilkan dapat optimal dan lebih menarik, baik dari segi tampilan maupun substansi materinya.