SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X.7 SMA Negeri 1 Tumpang

Risqiyati .

Abstrak


ABSTRAK

 

Risqiyati. 2011. Penerapan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X.7 SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd, (II) Drs. M. Yusuf Idris

 

Kata kunci: hasil belajar, metode pemberian tugas

Keberhasilan dalam pembelajaran dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain yaitu: guru, siswa dan lingkungan belajar. Guru dan siswa merupakan dua faktor terpenting dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru perlu memahami hal-hal yang mempengaruhi proses belajar siswa. Selain itu guru juga harus memperhatikan metode pembelajaran efektif yang dapat membantu siswa agar dapat belajar secara optimal dan mampu meningkatkan aktifitas siswa dalam proses belajar. Berdasarkan wawancara dengan guru SMA Negeri 1 Tumpang terdapat beberapa kelemahan yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu: 1) dalam penyampaian materi, biasanya guru menggunakan metode ceramah dan diskusi, 2) semua siswa tidak memiliki buku pegangan sendiri untuk mata pelajaran geografi, 3) guru jarang memberikan tugas (4) 32 siswa mendapat remidi karena tidak memperoleh nilai tuntas 75 mereka tidak menguasai materi yang diberikan. Siswa yang tuntas sekitar 4 orang (11%) dari jumlah 36 anak, dan (5) rendahnya motivasi siswa pada saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.7 SMA Negeri 1 Tumpang melalui penerapan metode pemberian tugas.

 Penelitian ini dirancang dengan Penelitian Tindakan Kelas. Disusun dalam satuan siklus meliputi: (1)Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan metode pemberian tugas mengalami peningkatan sebesar 64% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 14%. Hasil belajar siswa pada siklus I memiliki rata-rata 80 dan pada siklus II memiliki rata-rata 87 maka diperoleh selisih tingkat keberhasilan untuk hasil belajar sebesar 7. Hasil perhitungan yang telah dilakukan menunjukkan hasil persentase keberhasilan sebesar 14%.

Berdasarkan pembahasan disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode pemberian tugas. Penerapan metode pemberian tugas tersebut dapat merangsang pola pikir siswa sehingga berdampak pada hasil belajar mereka. Oleh sebab itu disarankan bagi guru (1) agar perolehan hasil belajar meningkat sebaiknya temuan penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan menerapkan metode pemberian tugas, dan (2) perlu pengelolaan kelas yang lebih baik terutama dalam mengatasi siswa yang sering ramai dan gaduh dalam proses pembelajaran, sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar.