SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Potensi Mata Air Kali Brugan Untuk Suplai Air Bersih Bagi Penduduk Di Desa Ampeldento Kecamatan Pakis Kabupaten Malang

kurnia dewi anjani

Abstrak


ABSTRAK

 

Anjani, Kurnia D. 2011. Evaluasi Potensi Mata Air Kali Brugan Untuk Suplai Air Bersih Bagi Penduduk Di Desa Ampeldento Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Didik Taryana, M.Si (II) Purwanto, S.Pd, M.Si.

 

Kata kunci: evaluasi, potensi, mata air, suplai air

Penduduk desa Ampeldento mendapatkan air bersih dari PDAM unit Pakis dan sumur gali/bersama. Kuantitas air sebesar 5,44 liter/detik yang didistribusikan PDAM unit Pakis tidak mampu menyuplai kebutuhan air bersih pada 92 kepala keluarga yang ada di Desa Ampeldento. Pendistribusian air PDAM yang disalurkan kepada penduduk pengguna jasa PDAM kurang lancar dan kualitasnya kurang baik yaitu sering mengalami kekeruhan dan berbau. Sumur gali/bersama yang digunakan oleh sebagian besar penduduk di Desa Ampeldento juga tidak mampu memenuhi kebutuhan air bersih penduduk karena satu sumur digunakan oleh 2-5 kepala keluarga. Namun demikian di Desa Ampeldento terdapat sebuah mata air yang belum di manfaatkan oleh penduduk untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Mata air tersebut yaitu mata air Kali Brugan.

Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui besarnya debit air yang mengalir dari mata air Kali Brugan di Desa Ampeldento, (2) Mengetahui besarnya kebutuhan air bersih penduduk seluruh Desa Ampeldento, (3) Menganalisis potensi mata air Kali Brugan baik dari kuantitas maupun kualitasnya untuk memenuhi kebutuhan air bersih penduduk di Desa Ampeldento , (4) Membuat model perencanaan distribusi air bersih dari mata air Kali Brugan kepada penduduk agar dapat mencukupi kebutuhan air bersih di Desa Ampeldento. Penelitian ini merupakan penelitaian deskriptif komparatif yang menggunakan metode survei. Pengumpulan data kebutuhan air bersih dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel kebutuhan air bersih menggunakan metode proportional stratified random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu membandingkan antara besarnya debit mata air Kali Brugan dengan besarnya kebutuhan air bersih seluruh penduduk. Besarnya debit mata air diukur menggunakan alat WEIR (ambang trapesium).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa debit rata-rata mata air Kali Brugan sebesar 31,1 liter/detik atau 2.687.040 liter/hari . Kebutuhan air bersih penduduk Desa Ampeldento sebesar 941.616,27 liter/hari . Evaluasi perbandingan antara persediaan air dari mata air Kali Brugan tiap hari dengan besarnya kebutuhan air bersih penduduk Desa Ampeldento dihasilkan angka perbandingan 3 : 1. Evaluasi kualitas mata air Kali Brugan menunjukkan bahwa air dari mata air Kali Brugan baik untuk dikonsumsi oleh penduduk karena tidak mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh manusia. Hal ini menunjukkan bahwa mata air Kali Brugan mampu mensuplai kebutuhan air bersih seluruh penduduk baik dari kuantitas maupun kualitasnya. Perencanaan distribusi air mata air Kali Brugan dengan menggunakan sistem perpipaan.