SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Korelasi Antara Intelegensi, Motivasi, dan Minat dengan Hasil Belajar Pada Pelajaran Geografi Siswa Kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang

Novita Indrayani Susilowati

Abstrak


ABSTRAK

 

Susilowati, Novita Indrayani. 2011. Korelasi Antara Intelegensi, Motivasi, dan Minat dengan Hasil Belajar Pada Pelajaran Geografi Siswa Kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hendri Purwito, M.Si (II) Drs. Hadi Soekamto, S.H., M.Pd, M.Si

 

Kata kunci: intelegensi, motivasi,minat, hasil belajar.

Pendidikan pada dasarnya adalah usaha sadar untuk menumbuh kembangkan potensi sumber daya manusia peserta didik dengan cara mendorong dan memfasilitasi kegiatan belajar mereka. Belajar adalah istilah kunci (key term) yang paling vital dalam setiap usaha pendidikan, sehingga tanpa belajar sesungguhnya tak pernah ada pendidikan. Pencapaian individu dari proses belajar disebut dengan hasil belajar. Individu yang mempunyai hasil belajar yang tinggi akan mampu bersaing dalam berbagai bidang. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar seseorang. Salah satu faktor internal yang dapat mempengaruhi hasil belajar seseorang adalah intelegensi, motivasi, dan minat belajar.

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui korelasi intelegensi dengan hasil belajar geografi, (2) Mengetahui korelasi motivasi belajar dengan hasil belajar geografi, (3) Mengetahui korelasi minat belajar dengan hasilbelajar geografi siswa kelas X SMA Laboratorim Universitas Negeri Malang Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X SMA Laboratorim Universitas Negeri Malang Tahun Ajaran 2010/2011. yang berjumlah 320 siswa kemudian diambil sampel menggunakan teknik proporsonal random sampling sebanyak 80 siswa. Metode pengumpulan data dengan metode kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson dan teknik analisis korelasi ganda dengan tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Data prestasi belajar yang diambil nilai ulangan akhir semester genap 2011.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tidak ada korelasi yang signifikan variabel intelegensi dengan hasil belajar geografi dengan nilai r hitung lebih kecil dari r tabel (0,112>0,220). (2) Ada korelasi signifikan variabel motivasi belajar dengan hasil belajar geografi dengan nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0, 623>0,220). (3) Ada korelasi signifikan variabel motivasi belajar dengan hasil belajar geografi dengan nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0, 557>0,220). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan secara signifikan dari motivasi dan minat belajar sedangkan intelegensi tidak ada hubungan dengan hasil belajar geografi.