SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh pembuangan limbah cair pabrik bir terhadap kualitas air sungai Cumpleng kabupaten Mojokerto

SUPRIANTO .

Abstrak


ABSTRAK

 

Suprianto.2011. Pengaruh Pembuangan Limbah Industri Bir Terhadap Kualitas Air Sungai Cumpleng di Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto.  (1) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si; (2) Drs. Rudi Hartono, M.Si.

 

Kalimat Kunci: Limbah Industri, Kualitas Air Sungai

Di Desa Sampang Agung Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto terdapat pabrik bir yang menghasilkan limbah cair yang di buang ke sungai Cumpleng. Padahal pabrik ini berada pada ketinggian kurang lebih 350m dpl dengan ketinggian tersebut kemungkinan  pencemaraan air oleh limbah pabrik ini berdampak secara luas, Dampak pembuangan limbah cair ini sering dikeluhkan oleh warga yang berada di daerah aliran sungai. Karena air sungai menjadi bau dan ada endapan warna hitam.

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengkaji kualitas limbah industri bir, mengkaji kualitas sungai Cumpleng, dan bagaimanakah hubungan antara jarak dengan kualitas air. Penelitian ini merupakan penelitian survei lapangan dengan pengambilan sampel berupa limbah industri bir dan air sungai Cumpleng. Pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling. Analisis data berupa analisis komparasi dan analisis korelasi. Analisis komparasi limbah cair pabrik menggunakan standar baku mutu limbah cair pabrik bir sesuai dengan SK Gubenur Jawa Timur no 45 tahun 2002 dan analisis kualitas air sungai Cumpleng sesuai dengan baku mutu air golongan II berdasarkan PP.RI. No 82 tahun 2001. Analisis korelasi menggunakan korelasi product-moment

Berdasarkan hasil uji laboratorium kualitas limbah industri bir tidak memenuhi standar baku mutu limbah industri berdasarkan SK Gubenur Jawa Timur no 45 tahun 2002 hal ini disebabkan 3 parameter tidak memenuhi standar baku mutu meliputi parameter COD sebesar 1088,6 Mg/L, parameter BOD5 sebesar 238 Mg/L dan parameter TSS sebesar 2827 Mg/L sedangkan parameter pH dan fenol memenuhi standar baku mutu yaitu nilai pH sebesar 8,03 dan Fenol sebesar 0,016 µg/L.Berdasarkan hasil uji laboratorium kualitas air sungai Cumpleng nilai pH masih dibawah standar baku mutu kualitas air golongan II, nilai BOD5 titik 2-6 melebihi standar baku mutu, nilai COD titik 2-6 melebihi standar baku mutu,  nilai TSS titik 2-6 melebihi standar baku mutu dan nilai fenol masih di bawah standar baku mutu. Terdapat hubungan jarak dengan tingkat pencemaran. Besar kecilnya korelasi menunjukan nilai yang berbeda-beda pada setiap parameter. Untuk korelasi sangat tinggi terdapat pada parameter pH dengan nilai -0,916 dan Fenol dengan nilai -0,904 dan TSS dengan nilai -0,903, korelasi sedang terdapat pada parameter COD dengan nilai -0,779 dan parameter BOD5  dengan nilai -0,714.

Pabrik industri bir di kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto diharapkan lebih memperhatikan proses pengolahan limbah sebelum dibuang ke sungai harus diolah secara maksimal dan memenuhi prosedur yang ada selain itu diharapkan pemerintah melakukan pengawasan secara intensif terhadap proses-proses pengolahan limbah industri agar limbah tersebut tidak berbahaya apabila dibuang ke sungai