SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted

Ninda Ardyansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Ardyansyah. Ninda 2011. Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung . Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Budi Handoyo, M.Si (II) Purwanto, S.Pd., M.Si.

 

Kata Kunci Team Assisted Individualization (TAI).

Model TAI dirancang sebagai model pembelajaran yang mengkombinasikan pembelajaran individu dengan pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar geografi di SMA Negeri 1 Ngunut. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Sedangkan waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2010/ 2011. Subjek penelitian ini adalah kelas X-E dengan jumlah 37 siswa. Hasil belajar siswa diukur berdasarkan perbandingan nilai pada materi sebelum dilakukan tindakan dengan nilai setelah dilakukan tindakan. Instrumen yang digunakan yaitu test objektif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan ke siklus I yaitu dari rata-rata hasil belajar 68,8 dengan persentase ketuntasan belajar 45,9% menjadi 72,97 dengan persentase ketuntasan belajar 62,2%. Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar dari 72,97 menjadi 76,35 dengan persentase ketuntasan belajar 86,5%. Berdasarkan perolehan hasil belajar siswa pada siklus II dapat disimpulkan bahwa indikator keberhasilan pembelajaran sudah tercapai, hasil penelitian dengan penerapan pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization (TAI) pada materi hidrosfer kelas X-E di SMA Negeri 1 Ngunut dapat meningkatkan hasil belajar siswa. : kooperatif, TAI, dan hasil belajar

Berdasarkan wawancara pada guru Geografi kelas X dan siswa kelas X-E, diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa tergolong masih rendah terbukti dari 37 siswa dengan nilai SKM 75 hanya 17 siswa yang nilainya di atas SKM dengan ketutasan klaskal hasil belajar 45,9%. Hal ini disebabkan oleh adanya kesenjangan intelegensi dan latar belakang siswa yang beragam, selain itu pemahaman terhadap materi pelajaran antara siswa satu dengan siswa yang lain tidak sama sehingga mempengaruhi hasil belajar yang dicapai. Alternatif yang dapat dilakukan guru yaitu melalui penggunaan model