SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X-7 SMA Negeri 8 Malang.

Anis Wahyuniharti

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahyuniharti, Anis. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X-7 SMA Negeri 8 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si, Pembimbing  (II) Drs. M. Yusuf Idris.

 

Kata Kunci: Talking Stick, Hasil Belajar.

Pendidikan merupakan salah satu sektor terpenting dalam pembangunan setiap Negara. Agar lebih berkembang dan berkualitas lagi dari dunia pendidikan, maka yang harus diperbaiki atau dibekali adalah para pendidik maupun calon pendidiknya . Pendidik maupun calon pendidik harus lebih berinovasi dan berimprovisasi dalam menggunakan model pembelajaran. Guru sebagai fasilitator harus lebih kreatif dan inovatif dalam mengelola proses pembelajaran di kelas dengan menciptakan kondisi kelas yang menyenangkan agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan  pada awal bulan Desember 2010, proses pembelajaran geografi di SMA Negeri 8 Malang selama ini masih menggunakan model pembelajaran yang kurang bervariasi. Akibatnya nilai rata-rata dari Ulangan Tengah Semester (UTS) ganjil tahun 2010 siswa kelas X-7 sebesar 61,83,  sedangkan KKM (kriteria ketuntasan minimum) yang ditetapkan oleh SMA Negeri 8 Malang sebesar 75. Dari kenyataan tersebut terlihat bahwa siswa kelas X-7 SMA Negeri 8 Malang hasil belajarnya masih rendah.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan yang diberikan berupa penerapan model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-7 SMA Negeri 8 Malang dengan jumlah 38 siswa. Instrumen penelitian meliputi instrument tindakan yaitu RPP dan Silabus, lembar observasi, format catatan lapangan, dan tes akhir belajar di setiap akhir siklus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-7 SMA Negeri 8 Malang. Hasil analisis menunjukkan peningkatan hasil belajar yaitu pada siklus I 68,15 dengan siswa yang tuntas belajar sebanyak 14 siswa dan pada siklus II sebesar 88,02 dengan siswa yang tuntas belajar sebanyak 35 siswa. Hasil belajar tersebut mengalami peningkatan sebesar 19,87.

Saran yang diberikan adalah (1) Bagi guru bidang studi dianjurkan agar dapat menerapkan model pembelajaran Talking Stick sebagai alternatif dalam praktek pembelajaran. (2) Bagi siswa agar melatih untuk lebih berani dalam mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan dari guru (3) Bagi peneliti berikutnya, diharapkan agar melakukan penelitian dengan model pembelajaran Talking Stick yang dipadukan dengan model pembelajaran lain sehingga lebih variasi.