SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Geografi dengan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) di Kelas XI IPS 2 SMA Brawijaya Malang

Nofita sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Nofita. 2011. Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Dengan Pembelajaran Kooperatif  Model Teams Games Tournament (TGT)  Di Kelas XI IPS 2 SMA Brawijaya Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si, (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si.

 

Kata Kunci: Model Teams Games Tournament, Keaktifan belajar siswa, Hasil Belajar Siswa

Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan terlihat dengan adanya ketertinggalan di dalam mutu pendidikan baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal dan hasil itu diperoleh setelah kita membandingkan dengan negara lain. Salah satu penyebab  rendahnya kualitas pembelajaran di sekolah adalah proses pembelajaran di sekolah kurang maksimal dikarenakan model pembelajaran yang diterapkan di sekolah tidak sesuai dengan kondisi sekolah, karakter siswa, ataupun materi yang digunakan. Permasalahan itulah yang akhirnya menyebabkan keaktifan dan hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang dilakukan dengan guru dan siswa SMA Brawijaya Malang bulan November 2011, diketahui bahwa sebagian besar proses pembelajarannya masih didominasi oleh guru sehingga siswa cenderung pasif. Hasil observasi menunjukkan bahwa dari 21 siswa hanya 5 siswa yang banyak bertanya, 2 siwa yang menjawab pertanyaan guru, dan 2 siswa yang sering berpendapat. Secara klasikal nilai keaktifan siswa Kelas XI IPS 2 SMA Brawijaya hanya 43%.

Tujuan  Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas XI IPS 2 SMA Brawijaya Malang pada pembelajara Geografi materi Lingkungan Hidup dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tahap perencanaa, pelaksanaan, observasi, dan Refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keaktifan siswa dan soal tes. Data yang diperoleh akan dibandingkan dari observasi awal, Siklus I, dan Siklus II.

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II.  Keaktifan klasikal pada siklus I mencapai 62% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81%, sedangkan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 72% pada siklus II meningkat menjadi 90%.  Begitu pula rata-rata hasil belajar siswa pada Siklus I 74,52 meningkat menjadi 80,48 pada Siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI IPS 2 SMA Brawijaya Malang. Saran kepada guru georafi di SMA Brawijaya Malang agar menggunakan model pembelajaran TGT untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan aktivitas serta hasil belajar siswa.