SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Geografi Siswa Kelas VII-I SMP Negeri 5 Kediri.

Nur Rahma Nofita

Abstrak


ABSTRAK

 

pembelajaran kooperatif model TGT, keaktifan belajar siswa Berdasarkan hasil observasi awal pada tanggal 11 dan 18 Januari 2011 menunjukkan siswa kelas VII-I SMP Negeri 5 Kediri kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Jumlah siswa di kelas VII-I ada 33 siswa. Diketahui dari 33 siswa tersebut hanya enam siswa (18,18%) yang menjawab pertanyaan dari guru. Satu siswa (3,03%) yang mengajukan pertanyaan, dan dua siswa (6,06%) tidak memperhatikan penjelasan guru atau saat siswa lain menjawab pertanyaan. Siswa lain yang berjumlah dua puluh empat (72,72%) cenderung hanya diam memperhatikan guru yang menjelaskan di depan kelas. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan minimal 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah atmosfer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII-I SMP Negeri 5 Kediri pada materi atmosfer melalui penerapan pembelajaran kooperatif model TGT. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan angket.

Penelitian dilaksanakan di kelas VII-I SMP Negeri 5 Kediri dengan jumlah siswa 33 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada peningkatan keaktifan belajar individu dan keaktifan belajar kelompok. Keaktifan individu ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase keaktifan belajar individu sebesar 51,52% pada siklus I meningkat menjadi 75,52% pada siklus II. Sedangkan keaktifan belajar kelompok pada siklus I sebesar 51,49% meningkat menjadi 75,63% pada siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model TGT dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII-I SMP Negeri 5 Kediri pada materi atmosfer.

Berdasarkan dari penelitian ini peneliti memberikan beberapa saran yaitu: (1) guru perlu menerapkan model pembelajaran kooperatif TGT sebagai salah satu metode alternatif dalam kegiatan pembelajaran, (2) Sekolah disarankan agar menganjurkan kepada guru-guru untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif TGT sebagai salah satu alternatif pemecahan permasalahan yang ada di sekolah, (3) bagi peneliti lanjut dapat melakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran kooperatif model TGT dalam pembelajaran geografi pada materi geografi fisik lain untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa.