SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X UNTUK TOPIK LITOSFER DI MAN 3 MALANG

NURRIA SUSANTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Susanti, Nurria. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran dengan Aplikasi Adobe Flash pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X untuk Topik Litosfer di MAN 3 MAlang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, FIS, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si, (II) Drs. Yusuf Soeharto

 

Kata Kunci: media pembelajaran, flash, animasi, litosfer

Litosfer merupakan salah satu materi yang diajarkan pada mata pelajaran geografi SMA kelas X pada semester kedua. Materi tersebut mengkaji proses- proses alam dan objek-objek alam seperti: bentuk-bentuk muka bumi akibat tenaga pembentuknya. Proses-proses pembentukan muka bumi yang sulit diamati secara langsung membuat kegiatan pembelajaran untuk materi ini lebih sering bersifat verbalisme. Kegiatan seperti ini akan memberikan pengalaman yang juga sebatas verbal kepada siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu cara untuk me- ngatasi permasalahan tersebut, yaitu dengan memanfaatkan media pembelajaran. Tujuan pengembangan media pembelajaran ini menciptakan produk dengan aplikasi adobe flash sebagai media pembelajaran yang dapat menghadir- kan objek nyata ke dalam kelas dalam bentuk tampilan flash yang dapat diguna- kan guru utuk menyampaikan materi ataupun digunakan secara mandiri oleh sis- wa agar dapat mengatasi keterbatasan dalam menghadirkan objek nyata di lapa- ngan dalam bentuk konkrit pada topik litosfer.

Rancangan penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif, yang terdiri dari kegiatan identifikasi kompetensi dasar dan indikator, analisis bahan ajar, desain media, produksi, editing, prototipe media, validasi produk, uji coba produk, dan produk akhir. Data penelitian bersifat kuantitatif dan diperoleh dari uji validasi produk dari ahli media dan ahli materi serta data hasil uji coba produk di sekolah. Data tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif persentase. Hasil uji validasi diketahui bahwa media ini ”valid”. Hasil uji coba produk diperoleh nilai 87% dengan kriteria ”layak”.

Berdasarkan hasil uji validasi dan uji coba tersebut, disimpulkan bahwa produk valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah. Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan manfaat dan pengembangan produk yang akan datang diajukan adalah: (1) guru hendaknya menggunakan media ini dalam pembelajaran di kelas khususnya untuk materi litosfer, (2) penggunaan LCD Proyektor untuk mempe- roleh tampilan yang lebih besar sehingga memudahkan siswa untuk mengamati ta- yangan media, (3) agar produk digunakan secara luas, guru pengajar mata pelaja- ran geografi, baik tingkat SMP maupun SMA dapat mengakses produk ini di Juru- san Geografi Universitas Negeri Malang, (4) pengembang produk yang akan da- tang dapat membuat produk untuk pokok bahasan lain, seperti: atmosfer, laut dan pesisir, dan pedosfer.