SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Hasil Belajar Geografi dengan Menerapkan Model Teams Games Tournamnt (TGT) Pada Kompetensi Mendeskripsikan Pelestarian Lingkungan Hidup dalam Kaitannya dengan Pembengunan Berkelanjutan Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Paiton Kab.Probolinggo

Susriarati .

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Susriarati. 2011. Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Dengan Menerapkan Model Teams Games Tournament(TGT) Pada Kompetensi Mendeskripsikan Pelestarian Lingkungan Hidup Dalam Kaitannya Dengan Pembangunan Berkelanjutan. Skripsi, Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si, (II) Drs. Hendri Purwito, M.Si.

 

Kata kunci: Cooperative learning, model Teams Games Tournament (TGT), hasil belajar.

 

Pembelajaran adalah suatu kegiatan dengan maksud agar proses belajar seseorang atau sekelompok orang dapat berlangsung. Untuk proses belajar geografi  diperlukan strategi, bermacam  pendekatan, metode, media, agar siswa lebih aktif belajar dan berbuat untuk memahami konsep, prinsip-prinsip geografi sehingga diharapkan hasil belajar siswa lebih baik. Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa pembelajaran Geografi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Paiton memiliki Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) lebih besar atau sama dengan 70. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Geografi dan observasi diketahui bahwa daya serap klasikal mata pelajaran Geografi di kelas XI IPS-3 belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Dari kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan, 13 siswa mampu mencapai nilai ketuntasan siswa ≥ 75 dan 23 siswa belum  mampu mencapai nilai ketuntasan siswa ≥ 75  pada ulangan harian pertama. Dengan demikian tidak ada siswa XI IPS-3 yang tuntas. Rata-rata nilai yang diperoleh siswa kelas XI IPS-3 adalah 68,72.

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini dirancang dengan model penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan April–Mei 2011. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS-3 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, teknik pengumpulan data melalui tes. Tindakan yang dilakukan yaitu pembelajaran kooperatif model teams games tournament (TGT).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari pra tindakan ke siklus 1 dan siklus 1 ke siklus 2. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan sebesar 68,72 pada siklus 1 meningkat menjadi 74,88 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 81,80. Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan, pada proses pembelajaran pra tindakan sebesar 36%, siklus 1 sebesar 68,57%, dan pada siklus 2 menjadi 91,43%.

            Berdasarkan hasil tersebut, disarankan: (1) Bagi guru geografi agar menggunakan model teams games tournament untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran kooperatif model temas games tournament dengan subjek penelitian yang berbeda.