SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Model Think pair Share Terhadap hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI MAN Malang 1

Wahyu Setiyawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Setiyawan, Wahyu. 2011. Pengaruh Penerapan Model Think Pair Share  terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI MAN Malang 1. Skripsi,  Jurusan Geografi FIS, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd, (II) Drs. Timotius Suwarna, M.Pd. Kata Kunci: think pair share, hasil belajar geografi

 

Salah  satu  indikator  untuk  mengukur  keberhasilan  dalam  proses

pembelajaran  adalah hasil belajar  siswa. Faktor  yang mempengaruhi hasil belajar siswa    adalah  pemilihan model  pembelajaran  yang  diterapkan  oleh  guru.  Dalam penerapan model pembelajaran sebaiknya guru memperhatikan karakteristik materi dan  siswa. Pada mata pelajaran Geografi khususnya materi antroposfer dan aspek kependudukan materi  yang  dipelajari  begitu  kompleks.  Dengan  demikian  dalam proses pembelajaran siswa perlu ikut berperan aktif agar materi yang disajikan guru mudah  dipahami  dan  diterima  siswa.  Salah  satu model  pembelajaran  yang  dapat meningkatkan  peran  aktif  siswa  dalam  pembelajaran  adalah  model  Think  Pair Share. Keunggulan dari model  ini adalah menghendaki  siswa untuk  lebih banyak berfikir,  menjawab,  dan  saling  membantu  apabila  mengalami  kesulitan  dalam kegitan pembelajaran. Dengan adanya keunggulan yang dimiliki oleh model Think Pair Share, diharapkan siswa lebih mudah dalam memahami dan menerima materi yang disajikan oleh guru, sehingga hasil belajar mereka akan meningkat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Think Pair  Share  terhadap  hasil  belajar  Geografi  siswa  kelas  XI  MAN  Malang  1. Penelitian  ini  termasuk  jenis  penelitian  eksperimen  semu  (Quasi  Eksperiment) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas XI  IPS 3 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan penerapan model Think pair Share dan kelas XI IPS 1  sebagai  kelas  kontrol  yang  mendapatkan  pembelajaran  seperti  biasanya  yaitu metode  ceramah,  tanya  jawab  dan  diskusi  kelompok  besar.  Instrumen  penelitian berupa  tes untuk prates dan pascates. Teknik analisis yang digunakan adalah uji  t tidak  berpasangan  (Independent  Samples  Test)  yang  dapat  diselesaikan  dengan bantuan SPSS 14.00 for Windows.

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  terdapat  perbedaan  yang  signifikan hasil belajar geografi siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dari hasil analisis  data  diketahui  bahwa  hasil  belajar Geografi  siswa  pada  kelas  eksperimen lebih tinggi 3,25 dari pada rata-rata hasil belajar Geografi siswa kelas kontrol.  Rata- rata kelas eksperimen sebesar 15,13 sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata 11,88. Hasil  analisis  dengan menggunakan  uji  t menunjukkan  bahwa  signifikansi sebesar 0,035. Dengan demikian nilai  signifikansi 0,035 < 0,05, maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI MAN  Malang 1.

Disarankan  bagi Guru mata  pelajaran Geografi  hendaknya mulai mencoba menerapkan model pembelajaran  Think Pair Share di dalam proses pembelajaran, karena  model  tersebut  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  Geografi  siswa.  Bagi peneliti  lain,  penelitian  ini  hanya  terbatas  pada materi  fenomena  antroposfer  dan aspek  kependudukan,  untuk  itu  disarankan  agar  dilakukan  penelitian  pada materi yang lain.