SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EVALUASI PELAKSANAAN RENCANA DETAIL TATA RUANG KOTA KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MALANG UNTUK KAWASAN PERUMAHAN

ARINTA FAJARHANI ASTUTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Astuti, Arinta Fajarhani. 2009, Evaluasi Pelaksanaan Rencana Detail Tata Ruang Kota Kecamatan Pakis Kabupaten Malang Untuk Kawasan Perumahan. Jurusan Pendidikan Geografi FMIPA Universitas Negari Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi, M. Pd; Pembimbing (II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M. Si

 

Kata Kunci: Pelaksanaan RDTRK, Pembangunan Perumahan,

UU. No. 4 Tahun 1992

 

Pembangunan merupakan pelaksanaan dari rencana pembangunan yang meliputi berbagai aspek. Rencana tata ruang wilayah yang disusun oleh pihak tingkat daerah (Rencana Detail Tata Ruang Kota/ RDTRK) merupakan satu konsep yang dilaksanakan dalam kurun waktu tertentu. Pembangunan yang dilakukan dalam hal ini telah mengutamakan pembangunan perumahan untuk masyarakat sehingga timbul perubahan  penggunaan lahan dari lahan pertanian menjadi lahan permukiman di beberapa titik di Kecamatan Pakis. Hal ini tentunya akan berdampak pada banyak hal seperti berkurangnya lahan pertanian masyarakat untuk kawasan perumahan. Sedangkan pada perencanaan daerah Kecamatan Pakis merupakan kawasan yang dijadikan pembangunan pertanian.

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Rencanan Detail Tata Ruang Kota Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Ada tiga hal yang dideskripsikan, yaitu (1) pelaksanaan Rencana Detail Tata Ruang Kota Kecamatan Pakis Kabupaten Malang; (2) penyimpangan penggunaan lahan untuk kawasan perumahan dalam Rencana Detail Tata Ruang Kota Kecamatan Pakis Kabupaten Malang; dan (3) kesesuaian pembangunan kawasan perumahan berdasarkan UU No. 4 Tahun 1992 tentang permukiman.

            Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang mendeskripsikan pelaksanaan Rencanan Detail Tata Ruang Kota untuk kawasan perumahan. Data primer berupa hasil wawancara dan lembar pengamatan, sedangkan data sekunder berupa data RPJMN edisi Revisi/Evaluasi Kecamatan Pakis Tahun 2002-2006, serta site plan perumahan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive random sampling, analisis data menggunakan teknik scoring.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan Rencana Detail Tata Ruang Kota Kecamatan Pakis Kabupaten Malang masih dapat dikatakan sesuai dengan rencana yang ada; (2) Penyimpangan penggunaan lahan untuk kawasan perumahan dalam RDTRK merupakan penyimpangan tertinggi; (3) Berdasarkan Undang-Undang Nomer 4 Tahun 1992, pembangunan kawasan perumahan di Kecamatan Pakis Kabupaten Malang dapat dikatakan sesuai.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan, (1) pada pembangunan kawasan perumahan di beberapa titik di Kecamatan Pakis masih terjadi penyimpangan; (2) Pembangunan perumahan di Kecamatan Pakis Kabupaten Malang merupakan pembangunan yang cukup pesat; (3) Pembangunan perumahan oleh para developer seharusnya memperhatikan beberapa poin dari UU No. 4 Tahun 1992 tentang Perumahan dan Permukiman.