SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Kelas XI IPS 1 SMAN 2 Trenggalek.

Novera Dwi Permana

Abstrak


ABSTRAK

 

Permana,  Novera  Dwi.  2011.  Penerapan  Model  Pembelajaran  STAD  untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Kelas XI IPS 1 SMAN 2 Trenggalek. Skripsi. Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ach. Amirudin. M.Pd, (II) Drs. J.P. Buranda, M.Si.

 

Kata Kunci: STAD, Hasil Belajar

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada bulan Oktober 2010 di kelas XI IPS 1 SMAN 2 Trenggalek diketahui bahwa sebagian besar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) masih didominasi guru, sedang siswa hanya duduk, mendengar dan mencatat sehingga siswa terlihat kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga berdampak pada perolehan nilai hasil belajarnya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus 3 jam pelajaran.

Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI IPS 1 SMAN 2 Trenggalek semester genap tahun ajaran 2010-2011 yang berjumlah 33 siswa terdiri 16 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa diperoleh berdasarkan hasil post-test serta ketuntasan belajar pada masing-masing siklus. Instrumen yang digunakan yaitu tes, lembar observasi pelaksanaan STAD, dan catatan lapangan.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa XI IPS 1 SMAN 2 Trenggalek ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 75,9 dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 63,6%, sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 82,6 dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 87,8%.

Bertitik tolak dari hasil penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan manfaat dan pengembangan produk yang akan datang diajukan adalah: (1) perlu adanya pengelolaan kelas yang lebih baik terutama dalam mengatasi siswa yang sering membuat ramai dan gaduh, sehingga pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar, (2) guru perlu menerapkan metode pembelajaran kooperatif model STAD sebagai salah satu metode alternatif dalam kegiatan pembelajaran, (3) guru perlu mempersiapkan ringkasan materi pelajaran untuk siswa agar semua siswa mempunyai bahan untuk belajar, (4) guru perlu mengatur pengelolaan waktu yang tepat sehingga semua kegiatan pembelajaran model STAD dapat terlaksana dengan baik, (5) perlu adanya observer lebih banyak dalam penelitian sehingga situasi kelas dapat dikendalikan.