SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan PBMP untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Kompetensi Menganalisis Hidrosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan di Muka Bumi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Hamid Rusidy Malang.

Lusiana Rusiati

Abstrak


ABSTRAK

 

Rusiati, Lusiana. 2011. Penerapan PBMP untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Kompetensi Menganalisis Hidrosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan di Muka Bumi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Hamid Rusidy Malang. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd, (II) Drs. Budi Handoyo, M.Si.

 

Kata Kunci : PBMP, hasil belajar

Pembelajaran Geografi di sekolah selama ini masih banyak yang belum berhasil atau ideal. Sebagian besar pembelajaran Geografi masih berupa ceramah yang kurang dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa sehingga hasil belajar belum mencapai SKM. Berdasarkan hasil observasi awal terhadap hasil belajar siswa Madrasah Aliyah Hamid Rusidy Malang, siswa kelas X hanya memiliki presentase ketuntasan 53,34% dari SKM yang telah ditetapkan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diambil langkah menerapkan PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan). Melalui penerapan PBMP hasil belajar siswa pada kompetensi menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi dapat meningkat.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang menuntut peneliti untuk terlibat langsung dalam proses penelitian mulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan hingga pelaporan data. Kegiatan penelitian terdiri dari 2 siklus penelitian, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan 4 tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes atau ujian. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X Madrasah Aliyah Hamid Rusidy Malang dengan jumlah siswa 30 orang, pada kompetensi menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi. Instrumen penelitian berupa soal yaitu soal lembar PBMP dan soal tes. Teknik analisis data adalah membandingkan skor tes dari setiap siklus dengan SKM perseorangan dan klasikal, serta menentukan kelompok belajar siswa berdasarkan keheterogenan prestasi akademik dari hasil belajar siswa dalam 3 rangking, yaitu kelompok atas, tengah, dan bawah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa, baik secara perseorangan ataupun secara klasikal. Secara perseorangan terjadi peningkatan sebesar 22 siswa tuntas pada siklus I meningkat menjadi 26 siswa pada siklus II. Secara klasikal terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 73,34% pada siklus I meningkat menjadi 86,67% pada siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penerapan PBMP dapat meningkatkan hasil belajar siswa, baik secara perseorangan ataupun klasikal, sehingga mereka mencapai standar ketuntasan minimal yang ditentukan. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: (1) bagi guru, gunakan PBMP untuk membelajarkan geografi yang mengandung masalah, misalnya pada materi pelestarian lingkungan hidup agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Agar penerapan PBMP berhasil, hendaknya guru menunjukkan sikap yang positif dan memberikan motivasi lebih kepada siswa seperti memberikan hadiah di akhir siklus. (2) bagi peneliti lain, gunakan PBMP pada topik lain yang sesuai dengan PBMP untuk meningkatkan hasil belajar siswa.