SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI 1 PANJI SITUBONDO DENGAN DISKUSI KELOMPOK

Abd. Rahman Sofyan Faqih

Abstrak


                                                     ABSTRAK

 

Faqih, Abd. Rahman Sofyan. 2011. Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Panji Situbondo dengan Metode  Diskusi Kelompok. Skripsi, Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ach. Fatchan, M.Pd, M.Si, (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si.

 

Kata Kunci: Diskusi Kelompok, keaktifan belajar.

 

Berdasarkan hasil observasi awal pada bulan September 2010 dalam proses pembelajaran geografi di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Panji Situbondo tahun ajaran 2010/2011 terdapat beberapa kelemahan yang mempengaruhi hasil belajar siswa  yaitu, 1) Siswa tampak kurang berminat terhadap materi pelajaran geografi, dalam pembelajaran ada 2 siswa yang bolos dan sebanyak 7 orang yang sering ngantuk. Hal ini menunjukkan bahwa siswa tersebut kurang berminat terhadap pembelajaran geografi.  2) Siswa kurang aktif  bertanya dan menjawab pertanyaan guru, dari 29 siswa yang aktif bertanya hanya 4 orang. 3) Siswa masih cenderung berorientasi pada lembar diskusi siswa, sehingga kurang memanfaatkan buku teks yang  disediakan oleh sekolah dan memanfaatkan lingkungan sekitar, misalnya melalui internet dan sumber lain yang relevan. 4) Kurangnya media pembelajaran yang mendukung atau yang dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran geografi. Media pembelajaran berupa LCD hanya terdapat 3 buah, dengan jumlah enam kelas pada kelas X, lima kelas pada kelas XI, dan lima kelas pada kelas XII maka jumlah LCD tersebut tidak mencukupi. Tidak terdapat fasilitas wifi atau hotspot sehingga siswa-siswa tidak dapat menggunakan internet sebagai sumber pembelajaran. 5) Siswa kurang kompak dalam kegiatan kelompok. Keaktifan belajar tersebut perlu ditingkatkan dengan menerapkan metode diskusi kelompok, karena metode  ini mengajak siswa untuk lebih aktif dan membangun pengembangan pengetahuan siswa, sehingga hasil belajarnya juga meningkat.

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan siswa. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini dirancang dengan metode  penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Desember-Januari 2010. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS-1 yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, Teknik pengumpulan data melalui hasil pengamatan yang berpedoman pada lembar observasi keaktifan belajar siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Tindakan yang dilakukan yaitu penerapan metode diskusi kelompok.

Hasil analisis data yang diperoleh dari penerapan metode diskusi kelompok menunjukkan terdapat peningkatan keaktifan belajar siswa dalam diskusi kelompok pada siklus I sebesar 67,32%  dan meningkat menjadi sebesar 81,61% pada siklus II. Peningkatan keaktifan belajar siswa tersebut mencapai 14,29%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode diskusi kelompok dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI IPS-1 di SMA Negeri 1 Panji Situbondo pada materi pelestarian dan pemanfaatan lingkungan hidup.