SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS BUKU TEKS GEOGRAFI SMA KELAS XII PADA MATERI POLA KERUANGAN DESA DAN KOTA DALAM BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) TERBITAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

Saiful Amin

Abstrak


ABSTRAK

 

Amin, Saiful. 2011. Analisis Buku Teks Geografi SMA Kelas XII pada Materi Pola Keruangan Desa dan Kota dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) Terbitan Departemen Pendidikan Nasional. Skripsi, Jurusan Geografi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd. (II) Drs. Budi Handoyo, M.Si.

 

Kata Kunci: analisis teks, BSE,  Pola Keruangan Desa dan Kota.

 

Buku teks merupakan salah satu bahan ajar yang penting dalam kegiatan pembelajaran, terlebih lagi bagi guru yang tidak mampu atau tidak siap membuat bahan ajar sendiri. Buku teks yang baik harus memiliki isi materi sesuai dengan kurikulum yang berlaku, menyajikan materi pelajaran sesuai dengan konsep yang benar, menggunakan bahasa baku, dan penyajian gambar harus menarik serta sesuai dengan materi pembelajaran. Hasil survei pada buku teks Geografi SMA kelas XII terbitan Departemen Pendidikan Nasional, pada materi Pola Keruangan Desa dan Kota, masih terdapat banyak kesalahan. Kesalahan tersebut meliputi kesesuaian isi materi dengan kurikulum, kebenaran konsep, kebenaran bahasa, dan fungsi gambar. Untuk itu, diperlukan suatu analisis yang mendalam untuk mengkaji kekurangan dan kelebihan dari BSE yang telah beredar.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat kesesuaian isi dengan kurikulum, tingkat kebenaran konsep, tingkat kebenaran bahasa, dan fungsi media gambar yang terdapat dalam buku ajar BSE Geografi kelas XII. Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi dengan menggunakan dokumen sebagai objeknya. Rancangan penelitian menggunakan teknik analisis isi untuk mendeskripsikan secara objektif, sistematis, dan kumunikatif dengan menggunakan separangkat prosedur untuk menarik kesimpulan dari sebuah buku teks. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Buku Sekolah Elektronik Geografi kelas XII terbitan DIKNAS yang telah beredar. Penentuan sampel menggunakan Purposive Sampling, yakni BSE yang berjudul Geografi untuk Kelas XII SMA/MA, karangan Eny Anjayani dan Tri Haryanto.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa isi materi yang tidak sesuai dengan indikator, kebenaran konsep (konsep terdefinisi dan konsep konkret) masih salah, kebenaran bahasa dalam buku ajar BSE Geografi masih salah, dan media gambar yang digunakan dalam buku ajar masih banyak yang tidak berfungsi. Untuk itu disarankan apabila menggunakan buku teks, guru hendaknya menelaah terlebih dahulu apakah isi buku teks tersebut sudah layak digunakan atau masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki, baik dari segi kurikuler maupun dari segi kebenaran konsepnya. Apabila ditemukan kekurangan atau kesalahan hendaknya diperbaiki terlebih dahulu sebelum disampaikan saat pembelajaran. Selain itu, hendaknya penulis merevisi buku teks BSE Geografi kelas XII terutama pada kesesuaian isi dengan kurikulum, kebenaran konsep, kebenaran bahasa, dan fungsi media gambar.