SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi

YULI ROHMAH FITRIANI

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitriani, Yuli Rohmah. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi. Skripsi, Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si, (II) Drs. Soetjipto TH, SH, SE, M.Pd.

 

Kata kunci: model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD), hasil belajar.

 

Observasi awal diketahui bahwa metode pembelajaran Geografi yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi adalah ceramah. Metode yang digunakan ini masih kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa cenderung hanya menerima apa yang diberikan oleh guru, sehingga hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Hal itu terlihat dari hasil belajar siswa dengan persentase siswa yang lulus SKM dan yang tidak lulus sangat mencolok khususnya di kelas XI IPS-1 yang berjumlah 46 siswa, yakni sekitar 85% siswa yang berada di bawah SKM dan hanya 15% siswa yang lulus SKM. Hasil belajar siswa tersebut perlu diperbaiki dengan menerapkan model pembelajaran STAD, karena model ini mengajak siswa untuk lebih aktif dalam membangun pengembangan pengetahuan siswa, sehingga dengan diskusi yang membangun pengembangan pengetahuan siswa, diharapkan pengetahuan siswa akan bertambah, dan hasil belajar siswa juga meningkat.

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini dirancang dengan model penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Februari 2011. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS-1 yang berjumlah 46 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Tindakan yang dilakukan yaitu pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari pra tindakan ke siklus 1 dan siklus 1 ke siklus 2. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan sebesar 55,8 pada siklus 1 meningkat menjadi 75,1 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 83,4. Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan, pada proses pembelajaran pra tindakan sebesar 15%, siklus 1 sebesar 65%, dan pada siklus 2 menjadi 93%.

Berdasarkan hasil tersebut, disarankan: (1) Bagi guru bidang studi Geografi agar menjadikan model STAD sebagai salah satu alternatif penerapan model pembelajaran Geografi di kelas. (2) Bagi siswa dengan dilaksakannya model STAD dapat meningkatkan peran aktif siswa selama proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat saat diskusi berlangsung serta melatih siswa untuk bekerjasama. (3) Bagi sekolah disarankan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran geografi dengan menerapkan metode pembelajaran yang lebih tepat. (4) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian sejenis dalam  rangka memperbaiki kualitas pembelajaran kooperatif model STAD.