SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Geografi pada Topik Hidrosfer Kelas X MAN 1 Tulungagung.

IMAM MUHAJIRIN

Abstrak


ABSTRAK

 

Muhajirin, Imam. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Geografi pada Topik Hidrosfer Kelas X MAN 1 Tulungagung. Skripsi, Jurusan Geografi, FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Achmad Amirudin,  M.Pd, (II) Drs. Hadi Soekamto, SH, M.Pd,  M.Si

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Cooperative Script, hasil belajar geografi.

 

Berdasarkan pengamatan yang dilaksanakan di MAN 1 Tulungagung menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut terjadi karena pola pembelajaran yang diterapkan masih kurang bervariasi, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang optimal.

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif model Cooperative Script terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X MAN 1 Tulungagung. Penelitian ini dirancang menggunakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas X G sebagai kelas eksperimen dan kelas X B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes untuk prates dan pascates. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan (Independent Samples Test) yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar geografi siswa di MAN 1 Tulungagung. Dari hasil analisis data diketahui bahwa hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Script memiliki rata-rata sebesar 17,56 sedangkan pada kelas yang menggunakan pembalajaran konvensional memiliki rata-rata 9,06 dengan nilai taraf signifikansi dua ekor 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar Geografi siswa pada topik Hidrosfer.

Disarankan bagi sekolah untuk mengadakan pelatihan terhadap guru-guru tentang model pembelajaran kooperatif, khususnya Cooperative Script dalam kegiatan pembelajaran. Bagi guru Geografi untuk menggunakan model pembelajaran Cooperative Script sebagai alternatif model pembelajaran dengan cara menyelipkan atau mengganti model pembelajaran yang terdapat dalam RPP yang diberikan sekolah sesuai dengan kurikulum KTSP, karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lanjut yang meneliti tentang model pembelajaran Cooperative Script disarankan untuk mengelola waktu dengan baik agar model pembelajaran Cooperative Script terlaksana dengan baik.