SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Kebijakan Sekolah Hijau dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa terhadap Pelestarian Lingkungan Hidup

ULFI ANDRIAN SARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Ulfi Andrian. 2011. Implementasi Kebijakan Sekolah Hijau dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa terhadap Pelestarian Lingkungan Hidup. Skripsi, Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.  Pembimbing:  (I)  Drs.  Timotius  Suwarna, M.Pd,  (II)  Prof.  Dr. Sumarmi, M.Pd.

 

Kata Kunci: Implementasi kebijakan sekolah hijau, sikap, perilaku, pelestarian lingkungan hidup.

 

Fenomena-fenomena  alam  yang  terjadi  akhir-akhir  ini  menunjukkan terjadinya kerusakan ekosistem antara  lain pencemaran  lingkungan, banjir,  tanah longsor dan pemanasan global. Rusaknya ekosistem ini terutama diakibatkan oleh aktivitas manusia yang kurang ramah terhadap  lingkungan. Untuk mengantisipasi hal tersebut diperlukan upaya peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah melalui  jalur pendidikan dengan membuat  sekolah  hijau. Sekolah  hijau diyakini sebagai  solusi  yang  efektif  dan  efisien  dalam  upaya meningkatkan  pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap pelestarian fungsi lingkungan hidup. 

Penelitian  ini  tergolong  penelitian  deskriptif  kuantitatif  dan  kualitatif, yang bertujuan untuk (a) Mendeskripsikan  implementasi kebijakan sekolah hijau di  SMP  Negeri  5  Kota  Malang.  (b)  Mendeskripsikan  sikap  siswa  terhadap pelestarian lingkungan hidup di SMP Negeri 5 Kota Malang. (c) Mendeskripsikan perilaku  siswa  terhadap  pelestarian  lingkungan  hidup  di  SMP  Negeri  5  Kota Malang. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah implementasi kebijakan sekolah  hijau,  sikap  dan  perilaku  siswa  terhadap  pelestarian  lingkungan  hidup.

Pengambilan data penelitian menggunakan angket yang akan diisi oleh responden, lembar observasi  dan  wawancara.  Implementasi  kebijakan  sekolah hijau  diukur  dengan  lembar  observasi  dan  wawancara,  sedangkan  sikap  siswa terhadap  pelestarian  lingkungan  hidup  diukur  dengan menggunakan  skala  sikap yaitu  Skala  Likert  dan  perilaku  siswa  terhadap  pelestarian  lingkungan  hidup diukur dengan menggunakan angket. 

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  implementasi  kebijakan  sekolah hijau di SMP Negeri 5 Kota Malang sudah terlaksana dengan baik. Kurikulum di SMP  Negeri  5  Kota  Malang  dilaksanakan  secara  integrasi  dan  monolitik. Sedangkan  pelaksanaan  kegiatan  lingkungan  hidup  berbasis  partisipatif  di  SMP Negeri 5 Kota Malang dilakukan dengan penghematan  energi, SDA dan adanya peran  serta  seluruh warga  sekolah dalam mewujudkan  sekolah  bersih dan  sehat. SMP  Negeri  5  Kota  Malang  telah  menerapkan  konsep  pengelolaan  dan pemanfaatan  sarana  untuk  mendukung  terciptanya  sekolah  hijau  melalui pemanfaatan  barang  bekas  untuk  media  pembelajaran,  peningkatan  kualitas makanan  sehat, serta pengelolaan sampah dengan 3 R dan pengomposan. Siswa-siswi SMP Negeri 5 Kota Malang memiliki sikap dan perilaku yang  sangat baik terhadap pelestarian lingkungan hidup.