SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournamnet (TGT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Alternatif Lab PLS Universitas Negeri Malang.

DIAN INDIRA WAHYUNITA

Abstrak


ABSTRAK

 

Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang dilakukan dengan guru dan siswa kelas XI pada tanggal 15 Agustus 2010, diketahui bahwa sebagian besar proses pembelajarannya masih didominasi oleh guru, dan siswa cenderung pasif. Hasil observasi menunjukkan bahwa dari 100% jumlah siswa diketahui12,5% siswa aktif baik bertanya, menjawab pertanyaan guru,maupun saat diskusi, 50% siswa diketahui tidak aktif dan tidak menunjukkan keantusiasan, 18,75% siswa ijin tidak masuk, 6,25% siswa meninggalkan kelas karena ijin, dan 12,5% siswa mengobrol dan tidak memperhatikan penjelasan guru.Rendahnya keaktifan siswa berdampak pada rendahnya keaktifan belajar siswa tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) pada matapelajaran geografi. Penelitian yang dilaksanakan di SMA Alternatif Lab PLS UM ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data keaktifan belajar siswa menggunakan lembar observasi keaktifan belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II.  Keaktifan klasikal pada siklus I mencapai 50% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 93,75%, sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 70, 31% pada siklus II meningkat menjadi 85,30%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan diantaranya:(1) Bagi guru geografi, model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran dalam meningkatankan keaktifan belajar siswa (2) Bagi sekolah, sebagai sumbangan dalam rangka perbaikan pembelajaran geografi dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, (3) Bagi peneliti selanjutnya, model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat digunakan pada materi yang lainnya selain materi Antroposfer, dengan diberikan beberapa inovasi pada tahap- tahap pembelajarannya guna menyiasati kebosanan siswa.