SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Validasi Soal Ujian Akhir Semester 2 Mata Pelajaran Geografi Kelas X di SMA Negeri 1 Blitar Tahun Ajaran 2009/2010

PUSPITASARI .

Abstrak


ABSTRAK

 

Puspitasari. 2010. Validasi Soal Ujian Akhir Semester 2 Mata Pelajaran Geografi Kelas X di SMA Negeri 1 Blitar Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi, Jurusan Geografi, FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M. Pd (II) Drs. M. Yusuf Idris.

 

Kata kunci: validitas soal, tingkat kesukaran, daya beda, reliabilitas, analisis opsi.

 

Kondisi  di SMA Negeri 1 Blitar dalam pembuatan soal dengan cara mengambil dari buku paket, terutama untuk soal bilingual karean guru takut terjadi kesalahan bahasa. Perbandingan jumlah soal yang berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris yaitu 50 : 50, sehingga nilai siswa mayoritas kurang memenuhi KKM, sebesar 75. Siswa yang nilainya di atas KKM hanya mencapai 12%, sedangkan target guru sebesar 75%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran belum berhasil.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas soal yang meliputi validitas kurikuler, validitas, bahasa, dan validitas item, serta tingkat kesukaran, daya beda, reliabilitas, dan analisis opsi pilihan ganda. Manfaat penelitian adalah untuk memperbaiki kualitas pembuatan soal terutama untuk soal ujian Geografi.

Penelitian ini  menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk menentukan tingkat validitas soal, tingkat kesukaran, daya beda, reliabilitas, dan analisis opsi pilihan ganda. Sumber data dari penelitian ini diambil dari guru Geografi di SMA Negeri 1 Blitar. Data yang digunakan adalah soal dan skor jawaban siswa UAS Geografi semester 2 kelas X di SMA Negeri 1 Blitar tahun ajaran 2009/2010. Jumlah populasi pada penelitian ini yaitu sejumlah 314 siswa. Sedangkan sampel diambil dengan teknik Cluster Sampel dan diperoleh sebanyak 170 siswa. Metode pengumpulan data yaitu dokumentasi yang berupa silabus mata pelajaran geografi SMA kelas X semester 2 tahun ajaran 2009/2010, lembar soal dan kunci jawaban, lembar jawaban siswa, dan skor jawaban siswa yang digandakan.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa soal UAS Geografi kelas X semester 2 tahun ajaran 2009/2010 di SMA Negeri 1 Blitar tergolong valid 88% dari segi validitas kurikuler. Soal UAS ini bila ditinjau dari segi validitas bahasa, tergolong valid 48% dan  kurang valid 64%. Soal UAS ini memiliki tingkat kesukaran yang jelek, karena soal terlalu mudah, dan memiliki daya beda yang jelek. Soal UAS ini tergolong valid dari segi validitas item sebesar 82%, sehingga soal UAS ini memiliki reliabilitas yang tinggi sebesar 0,786.  Soal UAS Geografi ini memiliki fungsi opsi yang jelek pada tiap-tiap item soal, karena soal terlalu mudah sehingga distraktor tidak berfungsi.