SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kompetensi Mendeskripsikan Siswa Pada Materi Keterkaitan Unsur-unsur Geografis dan Penduduk Asia Tenggara di SMP Negeri 7 Malang

IKA MEVIANA

Abstrak


ABSTRAK

 

Meviana, Ika. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kompetensi Mendeskripsikan Siswa Pada Materi Keterkaitan Unsur-unsur Geografis dan Penduduk Asia Tenggara di SMP Negeri 7 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Budi Handoyo, M.Si, (II) Purwanto, S.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci: pembelajaran kooperatif model TPS, kompetensi mendeskripsikan siswa

 

Hasil observasi yang dilakukan bulan Agustus sampai bulan Oktober di kelas IX B SMP Negeri 7 Malang menunjukkan bahwa pembelajaran yang berlangsung belum mengembangkan kemampuan mendeskripsikan siswa secara baik. Hal tersebut diperkuat dengan bentuk soal ulangan berupa pilihan ganda yang tidak dapat menggali kompetensi mendeskripsikan siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS).

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan penerapan model pembelajaran  TPS dapat meningkatkan kompetensi mendeskripsikan siswa kelas IX B SMP Negeri 7 Malang pada Materi Mendeskripsikan Keterkaitan Unsur-unsur Geografis dan Penduduk di Kawasan Asia Tenggara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan metode deskriptif. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus. Pengambilan data dilaksanakan dengan observasi dan tes tulis. Penelitian dilaksanakan pada materi Mendeskripsikan Keterkaitan Unsur-unsur Geografis dan Penduduk di Kawasan Asia Tenggara

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi mendeskripsikan siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Kompetensi mendeskripsikan siswa pada siklus I mencapai 21,30% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 71,45%. Sedangkan kompetensi membuat outline pada siklus I mencapai 23,03% pada siklus II meningkat menjadi 71,67%.

Bertitik tolak dari hasil penelitian ini disarankan: (1) bagi guru geografi, model pembelajaran Think Pair  Share (TPS) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi mendeskripsikan siswa, (2) bagi sekolah, sebagai sumbangan perbaikan pembelajaran geografi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.