SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS-3 SMA Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar

NUR AHLAKUL NURVENSIA

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurvensia, Nur Ahlakul. 2011. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS-3 SMA Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si., (II) Drs. Hendri Purwito, M.Si.

 

Kata Kunci: pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT), hasil belajar.

 

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Dala kegiatan pembelajaran Geografi harus memperhatikan tingkat perkembangan intelektual dan perkembangan mental siswa, oleh karena itu harus disesuaikan bahan ajar apa yang hendak dibelajarkan serta bagaimana cara membelajarkannya. Pembelajaran Geografi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Kesamben memiliki Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) lebih besar atau sama dengan 75.

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Geografi dan observasi diketahui bahwa daya serap klasikal mata pelajaran Geografi di kelas XI IPS-3 belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Dari kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan, tidak ada siswa yang memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 75 pada ulangan harian pertama. 40 siswa mendapatkan nilai kurang dari 75. Dengan demikian tidak ada siswa XI IPS-3 yang tuntas. Rata-rata nilai yang diperoleh siswa kelas XI IPS-3 adalah 47,425.

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Geografi dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus pembelajaran yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan pada bulan Januari 2011.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas yaitu sebesar 52,5% pada siklus I dan sebesar 87,5% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar Geografi setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT). Disarankan kepada para guru Geografi untuk mencoba menerapkan model Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran khususnya Geografi agar kualitas pembelajaran Geografi semakin meningkat. Kepada pihak sekolah disarankan agar memberikan fasilitas yang menunjang keberhasilan penerapan model pembelajaran tersebut di sekolah.