SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Geografi Pada Materi Hidrosfer Kelas VII Semester 2 di SMP Negeri 1 Bangil Pasuruan

DEBBY ADECANDRA

Abstrak


ABSTRAK

 

Adecandra, Debby. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Geografi Pada Materi Hidrosfer Siswa Kelas VII Semester 2 Di SMP Negeri 1 Bangil Pasuruan. Skripsi, Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si, (II) Drs. Hendri Purwito, M.Si.

 

Kata kunci: Talking Stick, Hasil Belajar.

 

Observasi awal diketahui bahwa metode pembelajaran Geografi yang dilakukan di SMP Negeri 1 Bangil Pasuruan adalah ceramah, dan kerja kelompok. Siswa kurang antusias dalam pembelajaran geografi, 41% siswa asik bermain sendiri ketika pembelajaran berlangsung, Pada saat kegiatan kerja kelompok siswa yang memiliki kemampuan yang tergolong sedang dan rendah hanya pasif dan tidak berani berpendapat. Hal itu menyebabkan setiap siswa tidak memiliki kesempatan yang sama untuk mengemukakan pendapat dalam menjawab tugas kelompok tersebut dan proses belajar bersama belum tercapai secara optimal. Hal itu terlihat dari hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 26% dan rata-rata kelasnya sebesar 67,6. Jumlah ketuntasan belajar siswa itu kurang dari standar ketuntasan minimal (SKM) untuk mata pelajaran Geografi sebesar > 75 dan ketuntasan belajar klasikalnya sebesar > 85%. Hasil belajar tersebut perlu diperbaiki dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick, karena model ini mengajak siswa untuk lebih aktif dan model pembelajaran Talking Stick  tidak hanya mengajak siswa belajar  tapi juga bermain yang dapat memotivasi siswa untuk mengikuti materi yang disampaikan guru, diharapkan pengetahuan siswa akan bertambah, dan hasil belajarnya juga meningkat.

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini dirancang dengan model penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Februari 2011. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII-B yang berjumlah 43 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, Instrumen pengumpulan data melalui tes tiap akhir siklus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan ke siklus I yaitu dari rata-rata hasil belajar 67,6 dengan persentase ketuntasan belajar 26% menjadi 71,6 dengan persentase ketuntasan belajar 53%. Pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar dari 71,6 menjadi 78,9 dengan persentase ketuntasan belajar 88%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pembelajaran kooperatif model Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS Geografi pada materi hidrosfer siswa kelas VII semester 2 di SMP Negeri 1 Bangil Pasuruan. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan: (1) Bagi guru geografi agar menggunakan model Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran dengan model Talking Stick dengan pokok bahasan yang berbeda.