SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS-2 SMA Islam Al Maarif Singosari

ESI Maulida FATIMAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Fatimah, Esi Maulida. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS-2 SMA Islam Al Maarif Singosari. Skripsi, Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si, (II) Drs. Hendri Purwito, M.Si.

 

Kata kunci: pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray, keaktifan belajar siswa.

 

Observasi awal diketahui bahwa keaktifan belajar geografi siswa kelas XI IPS-2 SMA Islam Al Maarif Singosari masih kurang hanya sebesar 35,10%. Guru hanya menerapkan model ceramah dan tidak pernah menerapkan diskusi kecil, sehingga kurang melibatkan aktivitas siswa secara langsung dan cenderung hanya menerima apa yang diberikan oleh guru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS).

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan belajar Geografi dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan yang dilaksanakan pada bulan Maret dan April 2011.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dari 35,10% menjadi 64% pada siklus I dan 77%pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan keaktifan belajar Geografi setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS).

Berdasarkan hasil tersebut, disarankan bagi guru geografi agar menggunakan model Two Stay Two Stray (TSTS) sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray  (TSTS) dengan subjek penelitian yang berbeda yang nantinya mampu meningkatkan hasil belajar siswa.