SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS KUALITAS LKS GEOGRAFI TINGKAT SMA/MA KELAS X SEMESTER I PADA MATERI PENDEKATAN DAN PRINSIP GEOGRAFI

Novarina Arliani

Abstrak


ABSTRAK

 

Arliani, Novarina. 2011. Analisis Kualitas LKS Geografi Tingkat SMA/MA Kelas X Semester I pada Materi Pendekatan dan Prinsip Geografi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd (II) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Si, M.Pd

 

Kata kunci: LKS Geografi SMA/MA, Materi Pendekatan dan Prinsip Geografi

 

Saat ini sebagian besar sekolah pada tingkat SMA/MA tidak mewajibkan siswanya untuk membeli buku teks. Siswa hanya diwajibkan membeli buku pendamping belajar siswa yaitu LKS. Masalah yang sering dihadapi guru dalam pembelajaran saat ini adalah memilih dan menentukan LKS yang berkualitas. Hasil analisis awal pada LKS Geografi kelas X yang banyak digunakan di SMA/MA Kota Blitar, terdapat beberapa kesalahan seperti konsep yang disajikan dalam LKS tersebut tidak benar, latihan soal yang disajikan tidak sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai siswa, serta bahasa yang digunakan kurang efektif. Berdasarkan hasil analisis awal tersebut diasumsikan bahwa LKS Geografi kelas X terdapat kesalahan, sehingga diperlukan analisis LKS untuk mengetahui kualitas, mengingat pentingnya LKS dalam proses belajar mengajar.

Untuk mengetahui kualitas LKS, rumusan masalah penelitian sebagai berikut: (1) bagaimana kualitas kelengkapan komponen dalam LKS Geografi? (2) bagaimana kualitas kebenaran konsep dalam LKS Geografi pada materi Pendekatan dan Prinsip Geografi? (3) bagaimana kualitas kesesuaian soal dalam LKS Geografi pada materi Pendekatan dan Prinsip Geografi? (4) bagaimana kualitas kebenaran bahasa dalam LKS Geografi pada materi Pendekatan dan Prinsip Geografi?.

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan teknik analisis isi. Sumber data penelitian ini adalah LKS Geografi kelas X semester 1 pada materi Pendekatan dan Prinsip Geografi, yang digunakan oleh SMA/MA Negeri se-Kota Blitar pada tahun ajaran 2010/2011 terbitan CV. Viva Pakarindo. Data hasil analisis dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa format analisis.

Hasil penelitian sebagai berikut: pertama, kelengkapan komponen LKS Geografi tergolong tinggi, ini menunjukkan kualitas LKS dari aspek komponen LKS tergolong baik; kedua, kualitas LKS dari aspek kebenaran konsep tergolong tinggi; ketiga, kualitas LKS Geografi pada aspek kesesuaian soal tergolong sedang, terdapat beberapa kesalahan seperti penggunaan bahasa dalam soal masih sulit dipahami; keempat, kualitas LKS dari aspek kebenaran bahasa untuk kebenaran tanda baca tergolong tinggi, kebenaran kosa kata tergolong tinggi, dan kebenaran bahasa tergolong sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diajukan saran-saran: pertama, bagi penerbit dan penulis, sebaiknya LKS Geografi kelas X semester I terbitan CV. Viva Pakarindo direvisi; kedua, bagi guru pengajar atau calon guru, hendaknya menulis LKS sendiri.