SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS TEKS BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) GEOGRAFI KELAS XII SMA/MA PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN PEMANFAATAN CITRA PENGINDERAAN JAUH

VINA WAHYU RUSYANA

Abstrak


ABSTRAK

 

Rusyana, Vina Wahyu. 2011.  Analisis Teks Buku Sekolah Elektronik (BSE) Geografi Kelas XII SMA/MA pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Pemanfaatan Citra Penginderaan Jauh. Skripsi, Jurusan Geografi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd. (II) Purwanto, S.Pd, M.Si. 

 

Kata kunci: Analisis Teks, BSE, Penginderaan Jauh.

 

Buku teks merupakan salah satu bahan ajar yang penting dalam kegiatan pembelajaran, terlebih lagi bagi guru yang tidak mampu atau tidak siap membuat bahan ajar sendiri berdasarkan standar kompetensi dalam kurikulum yang berlaku. Buku teks juga perlu mengalami pengembangan baik dari segi kurikuler, isi, maupun bahasa yang digunakan baik berupa analisis bahan ajar maupun validasi bahan ajar.  

Berdasarkan latar belakang tersebut maka perlu dilakukan analisis untuk mengetahui tingkat kesesuaian isi dengan kurikulum, tingkat kebenaran konsep, tingkat kebenaran bahasa, dan fungsi media yang terdapat dalam buku ajar BSE Geografi Kelas XII SMA/MA. 

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif bertujuan untuk memberikan gambaran keadaan sebenarnya dari objek penelitian. Rancangan penelitian menggunakan teknik analisis isi (content analysis) untuk mendiskripsikan dan menyimpulkan sebuah buku atau dokumen secara objektif, sistematis, dan komunikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Buku Sekolah Elektronik IPS Geografi Kelas XII SMA/MA yang telah beredar. Penentuan sampel dengan cara mempertimbangkan buku ajar yang banyak dipakai di SMA Negeri di Kota Malang yaitu BSE dengan pengarang Eni Anjayani dan Tri Haryanto. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian buku untuk tiap indikator. Hasil yang telah didapatkan, kemudian dianalisis dengan menggunakan rubrik penilaian buku ajar. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian materi dalam BSE tidak sesuai dengan indikator, kebenaran konsep (konsep terdefinisi dan konsep konkrit) masih rendah, kebenaran bahasa dalam buku ajar BSE Geografi juga tergolong rendah (ditinjau dari segi penggunaan tanda baca, kosakata, kalimat, dan paragraf), dan media yang digunakan dalam buku ajar sudah cukup bagus dan cukup inovatif. Terdapat beberapa temuan tambahan yaitu masih ada materi yang penjelasannya kurang lengkap dan penyajian materi yang tidak runtut. 

Berdasarkan standarisasi dari BSNP, hasil penelitian  ini dapat disimpulkan bahwa buku ajar BSE Geografi masih memiliki banyak kesalahan ditinjau dari segi kesesuaian isi dengan kerikulum, kebenaran konsep, kebenaran bahasa, dan fungsi media.Dari hasil kesimpulan disarankan apabila menggunakan buku teks yang sudah ada hendaknya ditelaah terlebih dahulu agar kesalahan yang ada dalam buku ajar tersebut tidak disajikan dalam pembelajaran. Lebih baik lagi apabila dalam mengajar seorang guru mampu membuat bahan ajar sendiri sesuai dengan ketentuan ilmiah yang ada.