SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR/FOTO DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA

LIA AUGUSTYA

Abstrak


ABSTRAK

 

Augustya, Lia Sukma. 2011. Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Gambar/Foto dalam Mata Pelajaran Geografi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FIS, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M. Pd. (II) Satti Wagistina, SP, M. Si.

 

Kata Kunci: media pembelajaran gambar/foto, hasil belajar siswa

 

Pembelajaran merupakan suatu proses yang kompleks dan melibatkan berbagai aspek yang saling berkaitan. Oleh karena itu, untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan diperlukan berbagai keterampilan. Salah satu keterampilan tersebut adalah keterampilan dalam menggunakan media. Pada Kompetensi Dasar "menjelaskan sejarah pembentukan bumi" karakteristik materinya tidak dapat menampilkan atau mengangkat suatu masalah ke dalam kelas secara langsung, sehingga dalam penyampaiannya perlu menggunakan alat berupa media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat menampilkan suatu permasalahan yang tidak dapat ditampilkan secara langsung di dalam kelas adalah dengan menggunakan media pembelajaran gambar/foto. Media ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaran gambar/foto terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain penelitian pre test-post test control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas SMA N 7 Malang Tahun Ajaran 2010/2011 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda yang digunakan untuk prates dan pascates. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan yang diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 14.0 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran gambar/foto dalam kegiatan pembelajarannya dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan metode yang biasa digunakan oleh guru geografi di SMAN 7 Malang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar geografi kelas eksperimen lebih tinggi 6,029 dari pada rata-rata hasil belajar geografi kelas kontrol. Rata-rata kelas eksperimen adalah 22, 21 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 16,18. Hasil analisis dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa signifikansi sebesar 0,003 lebih kecil dibandingkan 0,05. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran gambar/foto berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang pada materi sejarah pembentukan bumi.

Disarankan bagi guru geografi untuk memanfaatkan gambar/foto sebagai media pembelajaran agar hasil belajar siswa lebih baik. Bagi peneliti lain disarankan untuk mengembangkan penelitian tentang pemanfaatan media pembelajaran gambar/foto dengan materi dan aspek yang diukur berbeda.