SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS VIII C SEMESTER GENAP SMP NEGERI I SANANKULON KABUPATEN BLITAR

Yuenin Indar Kanastren

Abstrak


ABSTRAK

 

Kanastren, Yuenin Indar. 2011. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas VIII-C Semester Genap SMP Negeri I Sanankulon Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si (II) Drs. Johanis Paluin Buranda, M.Si.

 

Kata Kunci: STAD, Hasil Belajar.

 

Demi tercapainya peningkatan kualitas pembelajaran, salah satu upaya pemerintah menentapkan standar ketuntasan minimal yang harus dicapai dalam pembelajaran, baik standar ketuntasan minimal untuk keterampilan prosesmaupun hasil belajar yang diperoleh siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi awal pada tanggal 8 dan 11 November 2010 dalam proses pembelajaran geografi di kelas VIII C SMPN I Sanankulon tahun ajaran 2010/2011 terdapat beberapa kelemahan yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu: 1) Siswa kurang berminat dan kurang aktif dalam proses pembelajaran geografi, hal itu karena dalam pembelajaran guru senantiasa menggunakan metode ceramah; 2) Hasil belajar siswa masih belum tuntas sebesar 80% atau dari 25 siswa hanya ada 5 siswa yang memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 70 pada ulangan harian pertama.

Tujuan penelitian ini meningkatkan hasil belajar Geografi dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus pembelajaran yang masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII C SMPN I Sanankulon pada bulan Januari 2011. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan tabel persentase dan gainscore.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar Geografi siswa mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar dari pra tindakan, siklus I ke siklus II. Pada pra tindakan rata-rata nilai kelas 60,72 dengan persentase 20,83%. Siklus I mengalami peningkatan adalah 74,13 dengan persentase keberhasilan tindakan sebesar 66,66%. Siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar geografi siswa sebesar 80,83, dengan persentase keberhasilan tindakan sebesar 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar Geografi setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model STAD.