SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Laboratorium

Wahyu Adie Kurniawan

Abstrak


 

 

ABSTRAK

 

Kurniawan, Wahyu Adie. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM. Skripsi, Jurusan Geografi, FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Budi Handoyo, M.Si, (II) Dra. Yuswanti Ariani W, M.Si

 

Kata kunci: model Student Teams-Achievement Divisions, hasil belajar

 

Peningkatan mutu pembelajaran dapat diwujudkan melalui proses pembelajaran yang efektif. Pembelajaran ini ditandai oleh sifatnya yang menekankan pada pemberdayaan peserta didik secara aktif. Hasil pengamatan proses pembelajaran geografi di SMA Laboratorium UM dapat disimpulkan bahwa proses pembelajarannya masih kurang efektif. Untuk itu, perlu diterapkan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions sebagai salah satu alternatif mewujudkan pembelajaran yang efektif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Student Teams-Achievement Divisions terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Laboratorium UM. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan subjek penelitian dua kelas yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS I sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes untuk prates dan pascates. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan (Independent Samples Test) yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Laboratorium UM. Hal tersebut didasarkan atas perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol serta hasil analisis uji t. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan model Student Teams-Achievement Divisions adalah 42,3 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 34,13. Untuk hasil analisis uji t diperoleh nilai p (0,001) < (0,05).

Disarankan bagi guru geografi untuk menggunakan model pembelajaran Student Teams-Achievement sebagai bahan pertimbangan dalam pembelajaran di sekolah sehingga dapat meningkatkan hasil belajar geografi. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menerapkan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions dalam beberapa kali periode untuk mengetahui keefektifannya dengan mengubah susunan anggota tim tiap periodenya.

 

ABSTRAK

 

Kurniawan, Wahyu Adie. 2011. The Influence of Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Learning Model toward Geography Learning Results of the Eleven Graders at SMA Laboratorium UM. Thesis. Geography Department, Social Science Faculty, State University of Malang. Advisors: (I) Drs. Budi Handoyo, M.Si, (II) Dra. Yuswanti Ariani W, M.Si

 

Keywords: Student Teams-Achievement Divisions model, learning result

 

Raising learning quality can be realized through learning process effectively. This effective learning is marked by its characteristics emphasizing in employing students actively. The result of geography teaching observation in SMA Laboratorium UM shows that the teaching process is far from effective. Because of that, it is suggested to the school to apply Student Teams-Achievement Divisions learning model as an alternative to bring into reality the effective learning.

This study aims for knowing the influence of Student Teams-Achievement Divisions model toward the learning result of geography subject of eleven graders SMA Laboratorium UM. It is quasi experiment since the research subject of two classes are eleven graders of IPS II as an experiment class and eleven graders of IPS I as a control class. The instruments employ in this study are pre-test and post-test. Analysis technique used is single t-test (Independent Sample Test) done by SPSS 16.00 for windows.

The result of this study shows that there is significant influence of Student Teams-Achievement Divisions (STAD) learning model toward geography learning results of the eleven graders at SMA Laboratorium UM. It is based on the average difference of learning result of experiment and control class and the result of t-test analysis. The average value of experiment class using Student Teams-Achievement Divisions model is 42.3, while the average value of control class is 34.13. The analysis result of t-test is p (0.001) < (0.05).

            It is suggested for geography teachers at SMA Laboratorium UM to use Student Teams-Achievement Divisions (STAD) learning model as a consideration in teaching so that it can raising the learning result of geography subject. For future researchers, it is suggested to apply Student Teams-Achievement Divisions (STAD) learning model periodically to know its effectiveness with changing the members of team in each period.