SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA LABORATORIUM UM

A. Fais Aziz Almarumi

Abstrak


ABSTRAK

 

Almarumi, A. Fais Aziz. 2011. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM. Skripsi, Jurusan Geografi, FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd, (II) Drs. M. Yusuf Idris

 

Kata Kunci: Model Group Investigation, Hasil Belajar

 

Pembelajaran merupakan kegiatan untuk membelajarkan siswa agar dapat belajar dengan baik sehingga mereka dapat mengembangkan kemampuan. Pembelajaran dapat berhasil jika didukung oleh pemilihan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran kooperatif yang mengarahkan siswa mencari tahu dan berbuat adalah Group Investigation. Model pembelajaran ini dapat melatih siswa berpartisipasi dalam pengembangan sistem sosial dan secara bertahap dapat belajar menerapkan metode ilmiah.

Pelaksanaan model pembelajaran Group Investigation memungkinkan siswa menumbuhkan kemampuan berpikir. Keterlibatan berpikir siswa dapat terlihat mulai dari mengidentifikasi topik, merencanakan tugas yang akan dipelajari, melaksanakan investigasi, menyiapkan laporan akhir, mempresentasikan dan mengevaluasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Laboratorium UM pada konsep sumber daya alam. Penelitian ini dirancang dalam  jenis eksperimen semu (Quasi Eksperiment), dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes untuk prates dan pascates. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan (Independent Samples t- Test) yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa (gain score)  pada kelas eksperimen sebesar 29,89, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 24,22, dengan taraf signifikasi 5% atau tingkat kepercayaan 95% dapat dilihat nilai signifikansi sebesar 0,020 <  0,05. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Laboratorium UM terutama pada konsep sumber daya alam.

Disarankan bagi guru Geografi untuk menggunakan model pembelajaran Group Investigation sebagai variasi model pembelajaran, karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lanjut, penelitian ini perlu dikembangkan, terutama untuk materi selain permasalahan pemanfaatan sumber daya alam secara arif, tetapi masih memiliki karakteristik yang sama.