SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Geografi Kelas VIII B di SMP Negeri 2 Dolopo Kabupaten Madiun

Mustika Jayanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Jayanti, Mustika. Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture  Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Geografi Kelas VIII B di SMP Negeri 2 Dolopo Kabupaten Madiun

 

Berdasarkan observasi dan wawancara yang telah dilakukan di SMP Negeri 2 Dolopo, diperoleh informasi bahwa kendala utama bagi guru dalam pelajaran IPS Geografi adalah membuat siswa tuntas belajar. Ditemukan juga nilai ulangan harian di bawah SKM 67 sebanyak 25 siswa (tidak tuntas) dan hanya 9 siswa yang tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa sebanyak 73,52 siswa tidak tuntas dan 26,47 siswa yang tuntas.

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa melalui model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran IPS Geografi kelas VIII di SMP Negeri 2 Dolopo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif  kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.

Data hasil observasi awal yakni sebanyak 26,47% siswa tuntas belajar. Pada siklus I sebesar 61,76% (meningkat 35,29%) dan siklus II 91,18% (meningkat 29,42%). Data tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar geografi siswa dari sebelum, setelah pelaksanaan siklus 1 dan setelah pelaksanaan siklus 2. Peningkatan ketuntasan belajar geografi siswa ini dilihat dari peningkatan nilai di setiap siklus. Keaktifan pada siklus I sebesar 41,18% dan siklus II 88,24% (meningkat 47,06%). Hasil analisis ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan ketuntasan belajar dan keaktifan siswa.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikemukakan saran-saran sebagai berikut; 1) Bagi guru adalah agar dapat menggunakan model pembelajaran picture and picture pada kompetensi lain untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa dan 2) Bagi peneliti lanjut adalah untuk penelitian lanjutan model ini dapat diterapkan pada  kelas, sekolah, dan materi yang berbeda untuk dapat meningkatkan ketuntasan belajar.