SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Geografi Kelas X-1 SMA Negeri 1 Sugihwaras Bojonegoro.

Dita Kusumaningtyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Kusumaningtyas, Dita. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Geografi Kelas X-1 SMA Negeri 1 Sugihwaras Bojonegoro. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Achmad Amirudin, M.Pd, (II) Drs. M. Yusuf Idris

 

Kata kunci: Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar.

 

Hasil observasi pada tanggal 13  Oktober 2010 menunjukkan bahwa, sebagian besar siswa (75%) tidak dapat memahami materi pelajaran Geografi dikarenakan kurangnya pemahaman dan minat pada pelajaran Geografi. Artinya, dari 32 siswa yang ada di kelas X-1 SMA Negeri 1 Sugihwaras tersebut, 78% (sekitar 25 siswa) diantaranya belum mencapai SKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu 75. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menerapkan model pembelajaran  Team Assisted Individualization  (TAI) dalam rangka meningkatkan hasil belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Sugihwaras melalui model pembelajaran  Team Assisted Individualization  (TAI). Untuk mencapai maksud  tersebut, maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Sugihwaras. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah  tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization  (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari pra tindakan yaitu 21,88%, pada siklus 1, menjadi 68,75%, begitu juga dengan siklus 2, menjadi 87,50%. Jadi peningkatan hasil belajar siswa  dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 18,75%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran  Team Assisted Individualization  (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa X-1 SMA Negeri 1 Sugihwaras pada mata pelajaran Geografi dengan materi Konsep Geografi. 

Sebagai tindak lanjut dari penelitian ini, maka peneliti memberikan saran: (1) Guru perlu menerapkan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) sebagai salah satu model alternatif dalam kegiatan pembelajaran. (2) Guru perlu mengatur alokasi waktu yang tepat sehingga semua kegiatan pembelajaran model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat terlaksana dengan baik. (3) Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian tentang penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran IPS Geografi pada materi yang lain untuk meningkatkan hasil belajar siswa.