SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Kelas VIII A SMPN 24 Malang

Muchlisotul Furda

Abstrak


ABSTRAK

 

Furda, Muchlisotul. 2011. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Kelas VIII A SMPN 24 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Ach. Fatchan, M.Pd, M.Si, (II) Drs. M. Yusuf Idris.

 

Kata Kunci: pembelajaran, think pair share, dan hasil belajar.

 

Demi tercapainya peningkatan kualitas pembelajaran, salah satu upaya pemerintah menetapkan standar ketuntasan minimal yang harus dicapai dalam pembelajaran, baik standar ketuntasan minimal untuk keterampilan proses maupun hasil belajar yang diperoleh siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi awal pada bulan Agustus 2010 dalam proses pembelajaran geografi di kelas VIII A SMPN 24 Malang tahun ajaran 2010/2011 terdapat beberapa kelemahan yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu: 1) Siswa tampak kurang berminat terhadap cara guru dalam menyampaikan materi geografi, dalam pembelajaran ada 3 siswa yang sering mengantuk di kelas; 2) Hasil belajar siswa masih belum tuntas sekitar 77,26% atau dari 44 siswa hanya ada 10 siswa yang memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 70 pada ulangan harian pertama; 3) Siswa masih tergantung pada lembar kerja siswa; 4) Kurangnya media pembelajaran yang mendukung pembelajaran geografi. 

Tujuan penelitian ini adalah untuk  meningkatkan hasil belajar Geografi dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model TPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus pembelajaran yang masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII A SMPN 24 Malang pada bulan Desember 2010. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan tabel persentase dan gainscore.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar Geografi siswa mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar dari pra tindakan, siklus I ke siklus II. Pada pra tindakan rata-rata nilai kelas 58,7 dengan persentase 18,81%. Siklus I mengalami peningkatan adalah 65,8, dengan persentase keberhasilan tindakan sebesar 45,46%. Siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar geografi siswa sebesar 71,97, dengan persentase keberhasilan tindakan sebesar 88,64%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut  dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar Geografi setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model TPS. Disarankan kepada para guru Geografi untuk mencoba menerapkan model TPS  agar kualitas pembelajaran Geografi semakin meningkat. Kepada pihak sekolah disarankan agar memberikan fasilitas yang menunjang keberhasilan penerapan model tersebut di sekolah, seperti media belajar geografi yang memadai dan menerapkan beberapa metode pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa.