SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC) Terhadap Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Malang Tahun Pelajaran 2010/2011

Dini Afriani

Abstrak


ABSTRAK

 

Afriani, Dini. 2010. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Malang Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ach Amirudin, M.Pd., (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si.

 

Kata kunci: pembelajaran kooperatif, model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), hasil belajar.

 

Kualitas pembelajaran dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru di sekolah. Pelaksanaan pembelajaran saat ini perlunya perubahan paradigma  pembelajaran dari yang berpusat pada guru(teacher centered) menjadi berpusat pada siswa (student centered). Pembelajaran yang didominasi oleh guru mengakibatkan siswa tidak banyak berperan dalam pembelajaran sehingga siswa cenderung pasif. Kurangnya kegiatan yang membutuhkan kerjasama antar siswa juga akan menyebabkan tumbuhnya sifat individual diantara mereka.

Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) berperan dalam meningkatkan kerjasama dan keaktifan siswa. CIRC dapat membantu siswa belajar memahami materi pelajaran melalui bacaan/wacana, artikel dan kliping dengan cara membaca, menganalisis dan  memecahkan permasalahan yang diberikan oleh guru dan tidak bergantung pada teks tertentu disamping meningkatkan keaktifan  siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran CIRC terhadap hasil belajar IPS Geografi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang khususnya pada Topik Permasalahan Kependudukan dan Upaya Penanggulangannya. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan subjek penelitian dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes yaitu prates dan pascates. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan yang diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata gain score siswa pada kelas eksperimen sebesar 28,30 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 22,16 dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 < α (0,05) sehingga dapat disimpulkan penerapan model CIRC berpengaruh terhadap hasil belajar IPS Geografi siswa.

      Saran yang diajukan untuk guru bidang studi IPS Geografi adalah menjadikan model CIRC sebagai alternatif model pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada Topik Permasalahan Kependudukan dan Upaya Penanggulangannya. Selanjutnya bagi peneliti lain agar dapat mengembangkan lebih lanjut pada materi lain dan menggunakan metode  yang berbeda.