SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh penerapan model pembelajaran snowballing terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA LABORATORIUM UM

Sari Agustin

Abstrak


ABSTRAK

 

Agustin, Sari. 2010. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowballing Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM. Skripsi, Jurusan Geografi, FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd, (II) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd.

 

Kata Kunci: Model Snowballing, Hasil Belajar

 

Suatu proses pembelajaran dapat berhasil jika didukung oleh pemilihan metode pembelajaran yang tepat, yang sesuai dengan karakteristik materi yang disampaikan dan juga adanya dukungan atau partisipasi dari siswa. Pembelajaran di kelas masih sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab serta diskusi kelompok. Kegiatan pembelajaran tersebut menyebabkan aktivitas siswa masih rendah dan tidak termotivasi untuk mengeluarkan pendapat. Demikian pada saat diskusi kelompok hanya beberapa siswa saja yang aktif sedangkan siswa yang lain ramai dan berbicara dengan temannya

Salah satu pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada pandangan kontruktivis adalah belajar bekerja sama. Belajar model ini mengunakan perilaku bersama dalam bekerja atau saling membantu di antara sesama dalam struktur kerja kelompok. Dewasa ini terdapat berbagai model pembelajaran kooperatif yang digunakan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

Salah satu model pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan dapat meningkatkan keaktifan siswa karena siswa diibaratkan seperti bola salju yang menggelinding dari kelompok kecil menjadi kelompok yang lebih besar adalah snowballing. Penggunaan model pembelajaran snowballing mampu mengaktifkan siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran snowballing terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Laboratorium UM pada konsep kependudukan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment), dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes untuk prates dan pascates. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan (Independent Samples t-Test) yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil analisis data diketahui bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 15,38 sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata 9,7 dengan nilai probabilitas (p) 0,001, sehingga ada pengaruh penerapan model pembelajaran snowblling terhadap hasil belajar Geografi siswa pada konsep kependudukan.

Disarankan bagi guru Geografi untuk menggunakan model pembelajaran snowballing, dapat meningkatkan keaktifan siswa dan juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan model ini untuk materi kependudukan.