SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERSEPSI PENDUDUK USIA ANGKATAN KERJA TERHADAP INDUSTRI KERAJINAN KULIT DI KECAMATAN MAGETAN KABUPATEN MAGETAN

Nurtahid Hadi Ma'rufi

Abstrak


ABSTRAK

 

Ma'rufi, Nurtahid Hadi. 2010. Persepsi Penduduk Usia Angkatan Kerja Terhadap Industri Kerajinan Kulit Di Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing: (I) Drs. Budi Handoyo M.Si., (II) Drs. Djoko Soelistijo M.Si.

 

Kata Kunci : Persepsi, Angkatan Kerja, Industri Krajinan Kulit

 

Banyaknya jumlah angka pengangguran di Kabupaten Magetan menjadi masalah yang hingga kini belum bisa diselesaikan. Industri kerajinan kulit di Magetan banyak menyerap tenaga kerja sehingga dapat mengurangi angka pengangguran. Realita lapangan pekerjaan yang minim hingga saat ini belum bisa dipungkiri. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pengangguran di Kabupaten Magetan yang masih cukup tinggi. Hingga bulan November 2009 ini, Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans)  maka diharapkan industri kerajinan kulit di Kabupaten Magetan bisa menjadi solusi sebagai alternatif sulitnya lapangan kerja.

Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) minimnya lapangan kerja yang ada. 2) jumlah pengangguran yang semakin banyak. 3) limbah industri kerajinan kulit yang mencemari sungai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  persepsi penduduk usia angkatan kerja terhadap industri kerajinan kulit di Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan

Penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh seluruh penduduk usia angkatan kerja yang berada di 14 Kelurahan/Desa Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan kuesioner. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan teknik tabulasi tunggal analisis ini disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan dihitung dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: persepsi penduduk usia angkatan kerja terhadap industri kerajinan kulit di Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan adalah sangat baik, keberadaan industri kerajinan kulit sebagai alternatif lapangan kerja baru yang dapat menyerap tenaga kerja sehingga bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Magetan,

Dari hasil penelitian dapat disarankan: 1) Kepada masyarakat Magetan dan pemilik industri kerajinan kulit agar bersama-sama mengelola industri kerajinan kulit di Kabupaten Magetan supaya industri kerajinan kulit di Kabupaten Magetan dapat semakin berkembang dan bisa menjadi alternatif lapangan kerja baru. 2) Kepada pemilik industri kerajinan kulit supaya lebih mengutamakan tenaga dari penduduk usia angkatan kerja yang berada di sekitar industri kerajinan kulit di Kabupaten Magetan, supaya penduduk usia angkatan kerja bisa ikut serta dalam aktivitas industri kerajinan kulit. 3) Kepada pemilik industri kerajinan kulit supaya lebih memperhatikan lingkungan dengan mengolah limbah industri kulit agar lebih ramah lingkungan sebelum membuang limbah penyamakan kulit ke sungai.