SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Selorejo Blitar Tahun Pelajaran 2010/2011

HUSNUL Hotimah Lutfi Pratiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratiwi, Husnul Hotimah Lutfi. 2011. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Selorejo Blitar Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si., (II) Drs. Johanes Paluin Buranda, M.Si.

 

Kata Kunci: pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS), hasil belajar

 

Peningkatan mutu pendidikan ditandai dengan peningkatan prestasi belajar peserta didik. Aspek terpenting dalam peningkatan prestasi belajar peserta didik adalah meningkatkan mutu proses pembelajaran, hal ini tergantung dari kemampuan guru dalam mengajar maupun dalam pengelolaan kelas. Sedangkan keberhasilan guru dalam kegiatan pembelajaran salah satunya ditentukan oleh kemampuan dalam penerapan model pembelajaran. Penerapan model pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru yang diharapkan mampu untuk meningkatkan pemahaman siswa sehingga hasil belajar siswa pun dapat meningkat. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar IPS Geografi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Selorejo Blitar tahun pelajaran 2010/2011 pada kompetensi dasar mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang dikembangkan dengan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini yakni kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang dipilih berdasarkan kemampuan akademik kedua kelompok yang setara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes subjektif. Data pada penelitian ini terdiri dari tiga jenis, yaitu data kemampuan awal siswa, data kemampuan akhir siswa dan data hasil belajar IPS Geografi siswa. Data hasil belajar siswa diperoleh dari selisih antara skor pasca tes dan skor pra tes (gain score). Gain score tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t dua sampel tidak berpasangan (Independent-Samples t-test).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, yakni 42,75 untuk kelas eksperimen dan 36,86 untuk kelas kontrol. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,024 < α (0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar IPS Geografi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Selorejo Blitar tahun pelajaran 2010/2011.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi guru IPS Geografi untuk menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada kompetensi dasar lain karena dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa.