SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI SYNDICATE GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 MALANG TAHUN AJARAN 2010/2011

Septina Eva Wijayanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Wijayanti, Septina Eva. 2011. Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Syndicate Group terhadap Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Malang Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si., (II) Drs. Johanis Paluin Buranda, M.Si.

 

Kata kunci: diskusi syndicate group, hasil belajar.

 

Pembelajaran merupakan salah satu kegiatan utama untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Salah satu komponen pembelajaran yang dapat menunjang pencapaian tujuan pembelajaran adalah metode. Metode yang baik adalah metode yang dapat menumbuhkan aktivitas belajar siswa. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan aktivitas belajar siswa rendah, salah satu faktor tersebut yakni karena metode yang digunakan kurang melibatkan aktivitas siswa secara langsung. Hal tersebut dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah metode diskusi syndicate group.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode diskusi syndicate group terhadap hasil belajar IPS Geografi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Malang tahun ajaran 2010/2011 pada kompetensi dasar mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang dikembangkan dengan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini yakni kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang dipilih berdasarkan kemampuan akademik kedua kelompok yang setara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esai. Penelitian ini terdiri dari tiga data, yaitu data kemampuan awal siswa, data kemampuan akhir siswa dan data hasil belajar IPS Geografi siswa. Data hasil belajar siswa diperoleh dari selisih antara nilai pasca tes dan nilai pra tes (gain score). Gain score tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan uji t dua sampel tidak berpasangan (Independent-Samples t-test).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, yakni kelas eksperimen 25,80 sedangkan kelas kontrol 20,20. Hasil analisis uji t menunjukkan nilai p 0,022 lebih kecil daripada 0,05. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi syndicate group berpengaruh terhadap hasil belajar IPS Geografi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Malang tahun ajaran 2010/2011.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi guru IPS Geografi agar menggunakan metode diskusi syndicate group untuk menambah variasi pembelajaran. Bagi peneliti lanjut, penelitian ini perlu dikembangkan, terutama untuk materi selain permasalahan kependudukan, tetapi masih memiliki karakteristik yang sama.