SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

engaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil belajar Geografi Kelas VII SMP Negeri 8 Malang Tahun Ajaran 2010/2011.

NINNA SRI SUBIANITA PRININGRUM

Abstrak


ABSTRAK

 

Priningrum, Ninna Sri Subianita. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil belajar Geografi Kelas VII SMP Negeri 8 Malang Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Ach. Amirudin, M. Pd, (II) Drs. Johanis Paluin Buranda M.Si

 

Kata kunci: pembelajaran model TAI, hasil belajar

 

Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan memperbesar peluang pencapaian keberhasilan belajar siswa. Pemilihan model pembelajaran harus memperhatikan kemampuan siswa yang secara umum tidak sama antara siswa satu dengan yang lain. Faktor utama adalah intelegensi dan latar belakang siswa yang beragam. Selain itu daya serap terhadap materi pelajaran antara siswa satu dengan siwa yang lain tidak sama sehingga mempengaruhi hasil belajar yang dicapai. Oleh karena itu guru perlu alternatif model pembelajaran untuk mengatasi keberagaman karakteristik siswa tersebut. Adapun model pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan tersebut adalah model Team Assisted Individualization (TAI). Model TAI dirancang sebagai model pembelajaran yang dikombinasikan pembelajaran individu dengan pembelajaran kooperatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar geografi Kelas VII SMP Negeri 8 Malang Tahun Ajaran 2010/2011.

Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Subjek dalam penelitian ini ada dua kelas yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda yang digunakan untuk prates dan pascates. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan yang diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang dalam proses pembelajarannya menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) dengan kelas kontrol yang tanpa perlakuan model. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen (32,84) lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol (25,45). Hasil analisis dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa signifikasi sebesar 0.002 lebih kecil dibandingkan α tabel sebesar 0,05. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Team Assisted Individualization (TAI) berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Malang Tahun Ajaran 2010/2011.

Saran yang diajukan untuk guru bidang studi Geografi adalah menjadikan model TAI sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk mengatur pengelolaan waktu, agar semua kegiatan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.