SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pemanfaatan Multimedia ( CD Pembelajaran Macromedia Flash MX dan 3D Studio MAX) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Malang dalam Pembelajaran Geografi pada Topik Tenaga Pembentuk Muka Bumi

Siti Nur Kholifah Syakdiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Syakdiyah, Siti Nur Kholifah. 2010. Pengaruh Pemanfaatan Multimedia ( CD Pembelajaran Macromedia Flash MX dan 3D Studio MAX) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Malang dalam Pembelajaran Geografi pada Topik Tenaga Pembentuk Muka Bumi. Skripsi, Jurusan Geografi FIS, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Djoko Soelistijo,M.Si, (II) Drs.Dwiyono Hari Utomo, M.Si, M.Pd.

 

Kata Kunci: multimedia, hasil belajar siswa

 

Pembelajaran adalah upaya membelajarkan siswa. Dalam membelajarkan siswa terjadi proses komunikasi, yaitu menyampaikan informasi dari sumber kepada penerima informasi. Dalam proses komunikasi sering tidak berjalan dengan lancar karena mengalami suatu hambatan yang disebut 'Barriers to Effective Learning' yang berbentuk verbalisme, kesalahan penafsiran, perhatian yang tidak terpusat, tidak ada tanggapan yang menyeluruh, dan keadaan fisik lingkungan belajar yang menganggu. Salah satu cara untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan memanfaatkan multimedia. Media ini dipilih karena memiliki beberapa kelebihan, di antaranya mampu menampilkan animasi bergerak, dilengkapi dengan audio dan gambar-gambar yang tampilannya menarik. Media ini juga dapat membuat cara berpikir siswa lebih konkrit yang nantinya akan lebih meningkatkan pemahaman materi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan multimedia (CD Pembelajaran Macromedia Flash MX dan 3D Studio MAX) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Malang dalam pembelajaran geografi topik tenaga pembentuk muka bumi.

Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain penelitian pre test-post test control group design. Subjek dalam penelitian ini ada dua kelas yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda yang digunakan untuk pra tes dan pasca tes. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan yang diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang memanfaatkan multimedia dan kelas kontrol yang memanfaatkan media gambar diam. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen (34,63) lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol (27,93). Hasil analisis dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa signifikansi sebesar 0,023 lebih kecil dibandingkan α tabel sebesar 0,05. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan multimedia berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Malang dalam pembelajaran geografi pada topik tenaga pembentuk muka bumi.

Disarankan bagi guru geografi untuk memanfaatkan multimedia sebagai media pembelajaran agar hasil belajar siswa lebih baik. Bagi peneliti lain disarankan untuk mengembangkan penelitian tentang pemanfaatan multimedia dengan materi dan aspek yang diukur berbeda.