SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA ISLAM MALANG

Margo Suwito Utomo

Abstrak


ABSTRAK

 

Utomo, Margo Suwito. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif model  Cooperative Integrated and Reading Compotition (CIRC) untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Geogafi Siswa Kelas XI IPS SMA Islam Malang. Skripsi, Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Dr. Ach. Amirudin, M. Pd, (2) Drs. Yusuf Idris

 

Kata Kunci: Minat belajar, Hasil belajar geografi , Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC)

 

Hasil observasi awal yang dilaksanakan di kelas XI IPS 2 SMA Islam Malang pada hari Rabu 20 Agustus 2010, rata-rata siswa cenderung kurang berminat dalam belajar, hal ini dapat dilihat ketika berada dalam kelas terdapat siswa yang mengobrol sendiri dan tidak mencatat penjelasan yang disampaikan oleh guru. Nilai hasil belajarnya rendah, kurang dari SKM yang ditentukan ≥70. Ketika Ulangan Harian pertama dengan topik bahasan Biosfer, siswa kelas XI IPS 2 yang mendapatkan nilai di atas 70 sebanyak 16 siswa dan 20 siswa lainnya mendapatkan nilai di bawah 70.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA Islam Malang dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC). CIRC dalam penelitian ini diterapkan di materi kelas XI IPS semester 1 indikator Pemanfaatan Sumber Daya Alam Secara Arif.

Untuk mengukur minat siswa digunakan instrument pedoman wawancara sedangkan untuk mengukur hasil belajar siswa digunakan tes. Pedoman wawancara dan tes siswa dianalisis menggunakan persentase.

Penelitan dilakukan di SMA Islam Malang, mulai tanggal 19 November sampai 3 Desember 2010. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus, di mana setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 2 SMA Islam Malang  sebanyak 36 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi setelah pelaksanaan siklus I dan setelah pelaksanaan siklus II. Peningkatan minat siswa pada mata pelajaran geografi ini dilihat dari peningkatan persentase tiap indikator minat siswa yang mengalami peningkatan, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari peningkatan hasil tes siswa.

Kesimpulan penelitian bahwa pembelajaran kooperatif model Cooperative Integrated Reading and Compotition  dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA Islam Malang pada kompetensi dasar Pemanfaatan Sumber Daya Alam secara Arif. Hasil tentang minat pada siklus satu indikator ketertarikan 75,71% dan pada indikator kesenangan 83,34%. Pada siklus dua meningkat menjadi 81,1% pada indikator ketertarikan dan 88,24% pada indikator kesenangan. Tes hasil belajar diperoleh peningkatan ketuntasan dari siklus satu yaitu 53,35% naik menjadi 91,18% pada siklus dua dari jumlah keseluruhan siswa. Dengan rata-rata nilai hasil belajar pada siklus satu yaitu 68,17 menjadi 78,53 pada siklus dua

Secara umum dalam penerapan pembelajaran model CIRC sudah baik, namun memerlukan banyak pembenahan pada beberapa tahapan pembelajaran model CIRC tersebut.