SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

DAMPAK PEMBUANGAN LIMBAH PABRIK TEKSTIL PT. ERATEX DJAJA, Tbk. TERHADAP KUALITAS AIR SUNGAI UMBUL DI KECAMATAN KANIGARAN KOTA PROBOLINGGO

DEVI RACHMAWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Rachmawati, Devi. 2010. Dampak Pembuangan Limbah Pabrik Tekstil PT. Eratex DJAJA, Tbk. terhadap Kualitas Air Sungai Umbul di Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, FIS, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Bagus Setiabudi Wiwoho, S.Si., M.Si (II) Purwanto, S.Pd, M.Si.

 

Kata kunci: Kualitas, Limbah, Air sungai

 

Air sungai di Kota Probolinggo mengalir sepanjang tahun, mengalir dari arah selatan kearah utara sesuai dengan kelerengan wilayah. Pemanfaatan air sungai paling besar adalah untuk irigasi usaha di sektor pertanian. Untuk mencari bukti tentang pengaruh pembuangan limbah tekstil terhadap kualitas Sungai Umbul maka dilakukan penelitian ini.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengkaji kualitas limbah pabrik tekstil PT. Eratex DJAJA, Tbk. setelah dibandingkan dengan batas baku mutu limbah cair menurut Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur No. 45 tahun 2002 untuk industri tekstil, 2) mengkaji kualitas air Sungai Umbul masih memenuhi standar baku mutu air kelas II berdasarkan  Peraturan Pemerintah No.82 tahun 2001 dan 3) mengetahui sebaran geografis limbah cair pabrik tekstil PT. Eratex DJAJA, Tbk di Sungai Umbul Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo.

Penentuan titik pengambilan sampel menggunakan metode sampling sistematis. Metode ini digunakan berdasarkan urutan dari anggota populasi yang telah diberi nomor urut. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif dan uji statistik parametrik. Pelaksanaan analisis deskriptif komparatif dilakukan pada: 1) kualitas air limbah pabrik tekstil PT. Eratex DJAJA, Tbk dengan menggunakan Standar Baku Mutu limbah tekstil menurut Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur No. 45 Tahun 2002, dan 2) Kualitas air Sungai Umbul berdasarkan  Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 82 Tahun 2001. Untuk analisis hubungan antara jarak dan kualitas air Sungai Umbul menggunakan analisis statistik parametrik. Uji statistik yang digunakan adalah korelasi product-moment. 3) sebaran geografis limbah cair pabrik tekstil PT. Eratex DJAJA, Tbk di Sungai Umbul diperlihatkan dengan peta hasil Sistem Informasi Geografi (SIG).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kualitas limbah tekstil pada parameter Ammonia, Sulfida dan Detergent masih di bawah ketentuan Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur No. 45 Tahun 2002 untuk industri tekstil. (2) Kualitas air Sungai Umbul belum sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 82 Tahun 2001, untuk Sulfida pada jarak tertentu masih diatas batas maksimum. (3) Berdasarkan analisis korelasi Product Moment menunjukkan adanya hubungan negatif antara jarak dan kualitas air Sungai Umbul. Untuk Ammonia hubungan korelasinya sangat tinggi, Sulfida hubungan korelasinya rendah, sedangkan Detergent hubungan korelasinya tinggi. Jadi, untuk Ammonia, Sulfida dan Detergent  semakin jauh jarak dari sumber pencemar maka kualitas air sungai akan semakin baik.