Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA PENGALAMAN KERJA DENGAN KOMITMEN ORGANISASI PENGURUS ORGANISASI PERSATUAN MAHASISWA DONGGO MALANG

Trimadhani Rinda

Abstrak


ABSTRAK

Trimadhani, Rinda. 2019. Hubungan Antara Pengalaman Kerja Dengan Komitmen Organisasi Pengurus Organisasi Persatuan Mahasiswa Donggo Malang (PEMDO Malang). Skripsi Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Sudjiono, S.Pd, M. Si.

Kata Kunci: Pengalaman kerja, komitmen organisasi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui

(1) gambaran pengalaman kerja pengurus organisasi Persatuan Mahasiswa Donggo Malang angkatan 2013-2018,

(2) gambaran komitmen organisasi pengurus organisasi Persatuan Mahasiswa Donggo Malang angkatan 2013-2018,

(3) hubungan antara pengalaman kerja dengan  komitmen organisasi Pengurus Organisasi Persatuan Mahasiswa Donggo Malang angkatan 2013-2018.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dan korelasional kuantitatif. Subjek penelitian diambil dari pengurus organisasi Persatuan Mahasiswa Donggo Malang angkatan 2013-2018 yang berjumlah 60 pengurus dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengambilan data menggunakan skala pengalaman kerja dan skala komitmen organisasi. Uji validitas menggunakan korelasi Pearson Product Moment, pada skala pengalaman kerja diperoleh 30 aitem valid dengan tingkat reliabilitas 0,903 dan komitmen organisasi diperoleh 29 aitem valid dengan tingkat reliabilitas 0,846 pada Alpha Cronbach.

Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pengurus organisasi Persatuan Mahasiswa Donggo Malang angkatan 2013-2018 memiliki pengalaman kerja yang tinggi (51,67%) dan memiliki komitmen organisasi yang rendah (53,33%). Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan data membentuk garis linear. Uji hipotesis penelitian ini mengunnakan uji hipotesis analisis korelasi Pearson Product Moment yang diperoleh nilai sign = 0.006. Hal tersebut berarti ada hubungan antara pengalaman kerja dengan komitmen organisasi pengurus organisasi Persatuan Mahasiswa Donggo Malang angkatan 2013-2018.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar para pengurus untuk dapat meningkatkan pengalaman kerja dan komitmen organisasi yang sudah dimiliki oleh pengurus dengan cara terus aktif dalam mengadakan kegiatan-kegiatan rutin yang bersifat sederhana agar kerekatan antar pengurus semakin kuat sehingga akan memunculkan perasaan setiap individu berat untuk meninggalkan organisasi.