Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Konformitas Kelompok dengan Ketidakjujuran Akademik pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang

putri ajeng fahri.N

Abstrak


ABSTRAK

Putri, Ajeng Fahri N. 2019. Hubungan Konformitas Kelompok dengan Ketidakjujuran Akademik pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Indah Yasminum Suhanti, S.Psi., M.Psi.

Kata Kunci: Konformitas Kelompok, Ketidakjujuran Akademik, Mahasiswa

Ketidakjujuran akademik yang marak terjadi dikalangan mahasiswa yang selanjutnya juga didukung dengan mahasiswa lain yang juga melakukan ketidakjujuran akademik semakin memperkuat perilaku tersebut. Seorang mahasiswa seharusnya mampu menjunjung tinggi etika mahasiswa yang terikat dengan peraturan kampus. Salah satu faktor yang mempengaruhi ketidakjujuran akademik adalah teman sebaya dalam faktor kontekstual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan konformitas kelompok dengan ketidakjujuran akademik pada mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. 

Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Populasi sejumlah 360 mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Sampel sebanyak 177 mahasiswa dan diambil dengan teknik simple random sampling, caranya dengan melakukan memilih mahasiswa angkatan 2017 dan 2018 secara acak melalui absen dari kedua angkatan tersebut yang kemudian menghubungi salah satu sampel dari nomor yang dimiliki peneliti dan dilanjutkan dengan meminta nomor handphone yang menjadi sampel terpilih dan memberikan link google form pada sampel.. Instrumen yang digunakan adalah skala konformitas kelompok dengan reliabilitas 0,913 dan skala ketidakjujuran akademik dengan reliabilitas 0,912. Uji hipotesis dilakukan dengan analisis product moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang memiliki konformitas kelompok dalam kategori rendah dengan pesentase 36,16% dan memiliki ketidakjujuran akademik dalam kategori tinggi dengan persentase 28,18%. Terdapat hubungan positif antara konformitas kelompok dengan ketidakjujuran akademik, dengan nilai rxy 0,807, p-value < 0,05, artinya semakin tinggi konformitas kelompok maka semakin tinggi pula ketidakjujuran akademik mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang.

Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah bagi mahasiswa diharapkan mampu mengerjakan tugas ataupun ujian sesuai dengan kemampuan sendiri, tanpa merasa takut adanya tekanan atau keterasingan dari kelompok, sehingga akan terwujud mahasiswa-mahasiswa yang jujur terhadap proses pembelajaran akademik. Untuk pihak Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang yaitu diharapkan untuk mensosialisasikan peraturan akademik kepada seluruh mahasiswa secara luas dan memberikan sanksi yang tegas berupa pengurangan nilai terhadap mahasiswa yang melanggar peraturan. Sedangkan untuk penelitian dimasa yang akan datang, penulis menyarankan untuk meneliti dan mencermati kembali faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap ketidakjujuran akademik pada mahasiswa.