Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Komitmen Pernikahan dan Perjodohan Perempuan Usia Dewasa Tengah

Sholikhah Lailatus

Abstrak


RINGKASAN

Sholikhah, Lailatus, 2019. Komitmen Pernikahan dan Perjodohan Perempuan Usia Dewasa Tengah. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M.Si., M.Ed.

 

Kata Kunci : Komitmen, Komitmen Pernikahan, Perjodohan

Komitmen merupakan hal yang fundamental dalam sebuah hubungan yang melibatkan perasaan seperti pernikahan. Pernikahan sendiri berarti sebuah hubungan laki-laki dan perempuan yang disahkan oleh institusi agama maupun negara yang melibatkan kedekatan emosional dan fisik. Komitmen pernikahan adalah keadaan seseorang yang memilih untuk tetap bertahan bersama pasangannya dalam suka maupun duka. Pernikahan di Indonesia tak jarang bermula dari perjodohan yang diatur oleh keluarga.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap secara mendalam deskripsi komitmen pernikahan dan perjodohan perempuan usia dewasa tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis metode kualitatif dengan model penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan penilaian dokumen dengan metode penelitian kualitatif. Teknik analisis data menggunkan analisis tematik. Untuk menguji keabsahan hasil penelitian peneliti menggunakan metode triangulasi dengan beberapa informasi dari informan. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Lamongan dengan jumlah subjek 3 orang perempuan dewasa tengah yang menikah karena dijodohkan dan memiliki umur pernikahan minimal 10 tahun.

Berdasarkan analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa gambaran komitmen pernikahan dan perjodohan perempuan usia dewasa tengah tergolong tinggi. Hal itu dapat dilihat dari aspek kepuasan yang juga tinggi, menghindari pilihan-pilihan alternatif yang ada di luar pernikahan dan memiliki investasi berupa anak dan reputasi diri yang baik. Perjodohan yang terjadi merupakan perjodohan dengan tipe direncanakan dan tipe joint venture.