Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Musik Pengiring Kerja untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan pada Pabrik Raya Konveksi di Sukun Kota Malang

Lale Narasanti Ayu Andani

Abstrak


RINGKASAN

Andani, 2019. Pengaruh Musik Pengiring Kerja untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan pada Pabrik Raya Konveksi di Sukun Kota Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Nur Eva, S.Psi., M.Psi.

Kata Kunci: Musik pengiring kerja, produktivitas kerja, karyawan konveksi.

Produktivitas kerja merupakan yaitu perbandingan atau hubungan antara berapa hasil output yang dicapai dengan berapa input yang dibutuhkan atau kesluruhan sumber daya yang digunakan. Produktivitas kerja menurut Sedarmayanti (2004) terdiri dari dua aspek yaitu aspek efisiensi dan aspek efektivitas. Karyawan yang memiliki produktivitas kerja tinggi akan menciptakan pengaruh positif bagi perusahaan atau organisasi, salah satunya yaitu menghasilkan keuntungan atau profit yang lebih banyak bagi perusahaan, yang merupakan tujuan dari perusahaan. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa karyawan Raya Konveksi memiliki produktivitas kerja rendah di kedua aspek produktivitas kerja. Upaya peningkatan produktivitas kerja dilakukan dengan pemberian treatment musik pengiring kerja berdasarkan analisis kebutuhan yang dibutuhkan oleh karyawan Raya Konveksi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gambaran produktivitas kerja karyawan sebelum dan setelah adanya treatment dan untuk mengetahui pengerauh dari treatment musik pengiring kerja dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan model pretest-posttest control group design. Analisis uji beda menggunakan analisis statistik Mann-Whitney. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yang terdiri dari 30 orang karyawan Raya Konveksi, yang terbagi dalam dua kelompok, 15 orang kelompok eksperimen dan 15 orang kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala produktivitas kerja yang dikembangkan sendiri oleh peneliti yang mengacu pada aspek-aspek yang dikemukakan oleh Sedarmayanti (2004) yaitu efisiensi dan efektivitas. Treatment dilakukan menggunakan modul panduan penerapan musik pengiring kerja untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan musik pengiring kerja berpengaruh dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan Raya Konveksi dengan nilai p=0,000