Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubunganantara KecerdasanEmosi denganKeseimbangan Hidup-Kerja pada Ibu yang Bekerja di Bank BRI Cabang Kediri.

azizah azmi afifah

Abstrak


RINGKASAN

Azizah, Azmi Afifah. 2019. Hubunganantara KecerdasanEmosi denganKeseimbangan Hidup-Kerja pada Ibu yang Bekerja di Bank BRI Cabang Kediri. Skripsi, JurusanPsikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Diyah Sulistiyorini, S.Psi, M.Psi.

Kata kunci: Kecerdasanemosi, keseimbangan hidup-kerja, ibu yang bekerja

Meningkatnyajumlahpekerjawanita, akandikutidenganterciptanyatuntutan-tuntutan yang harusdipenuhi para wanitapekerja yang juga berperansebagaiiburumahtangga. Pekerjawanita yang memilikianak, berkewajibanuntukmengasuhanak dan menguruskeperluanrumahtangga, sehinggamemilikikompleksitasperandibandingkanpekerjawanita yang tidakmemilikianak. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kecerdasan emosi dan keseimbangan hidup-kerja pada ibu yang  bekerja di Bank BRI Cabang Kediri.

Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganrancanganpenelitiankorelasional. Populasipenelitiansebanyak63 orang ibu yang bekerja di Bank BRI Cabang Kediridenganjumlahsampelsebanyak50 orangibu yang bekerja. Teknik sampling yang digunakanadalahpurposive sampling. Instrumen yang digunakanberupaskalakecerdasanemosi dan skalakeseimbangan hidup-kerja denganreliabilitas 0,925 dan 0,939. Analisis data secaradeskriptifmenggunakanteknikpresentase dan analisiskorelasimenggunakanteknikproduct moment.

 Hasil penelitianinimenunjukkanbahwaadahubunganpositifantarakecerdasanemosi dan keseimbangan hidup-kerja pada ibu yang bekerja di Bank BRI Cabang Kedirisebesar r=0,565dengan p=0,000