Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Internal Locus Of Control dengan Kematangan Karir Pada Remaja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sumenep

Titin Suhartini

Abstrak


 

Kata kunci:Kematangan Karir, Internal Locus Of Control.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa hal, yaitu:

(1) mengetahui gambaran internallocus of control pada siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan 1 Sumenp,

(2) mengetahui gambaran kematangan karir pada siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan 1 Sumenep, dan

(3) mengetahui hubungan antara internallocus of control dengan kematangan karir pada siswa kelas X di SMK Negeri 1 Sumenep.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh dari hasil pengumpulan angket. Sampel yang dilibatkan yaitu siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sumenep sebanyak 114 siswa. Analisis data yang digunakan yaitu regresi linier sederhana. variabel independen yaitu internallocus of control dan variabel dependen yaitu kematangan karir.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sumenepmemiliki internallocus of controlyang terbagidalam tiga kategori, yaitu dengan jumlah sebanyak 52 siswa (45,61%) tergolong dalam kategori tinggi, 35 siswa (30,70%) dalam kategori sedang, dan 27 siswa (23,68) dalam kategori rendah. Sedangkan kematangan karir siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sumenepdiketahuisebanyak 50 siswa (43,86%) dalam kategori tinggi, 34 siswa (29,83%) dalam kategori sedang, dan 30 siswa (26,31%) dalam kategori rendah. Jadi, dapat disimpulkan bahwa internallocus of control siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sumenepdalam keadaan tinggi dan kematangan karir siwa SMK Negeri 1 Sumenep dalam keadaan tinggi. Terdapat hubungan antara internallocus of control dengan kematangan karir siswa kelas X SMK Negeri 1 Sumenep. Untuk sebaran data internal locus of control dan kematangan karir adalah normal. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikasi lebih besar dari 0.05(0.997 > 0.05) dan korelasiinternallocus of control dengan kematangan karir sebesar 0,549%. R square internal locus of control dan kematangan karir adalah 0,301. Hal ini menunjukan bahwa terdapat koefisien korelasi positif sehingga kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang searah yakni korelasi kuat dan kedua variabel tinggi. Variabel kematangan karir sebesar 30% dipengaruhi oleh internal locus of control. Jadi, internal locus of control mempunyai sumbangan efektif terhadap kematangan karir.